Bahaya Pemanis Buatan bila Dikonsumsi Setiap Hari,

Sakit Kepala hingga Kurang Berenergi

FOTO | HealthlineIlustrasi
A A A

TIDAK semua pemanis buatan diciptakan sama manfaatnya dengan gula asli. Kandungan aspartame dalam pemanis buatan mengandung efek negatif yang dianggap buruk.

Para ahli menyebutkan, pemanis yang mengandung aspartame tidak boleh dicampurkan ke dalam minuman panas. Ada sifat pelepasan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Tapi sayangnya, banyak orang menggunakan pemanis aspartame sebagai pemanis teh dan kopi yang disajikan hangat. Bahayanya tentu mengganggu kesehatan, terutama mengacaukan metabolisme.

Apalagi bagi wanita hamil, jangan gunakan pemanis tersebut berlebihan. Dampaknya bisa mempengaruhi janin Anda dalam kandungan.

Dilansir Livestrong, Senin (18/9/2017), berikut adalah beberapa dampak buruk yang bakal Anda alami saat dikonsumsi berlebihan. Simak ulasannya berikut ini dan cegah sebelum terlambat.

Gangguan metabolisme
Seseorang yang kerap mengonsumsi pemanis aspartame mudah mengalami kelainan metabolisme. Akibatnya, tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memecah asam amino fenilalanin dengan benar.

Tapi beberapa iklan mengklaim sebaliknya, sehingga banyak konsumen yang beralih menggunakan pemanis buatan ini, daripada menggunakan gula alami yang lebih aman dikonsumsi.

Berat badan naik
Konsumsi pemanis buatan justru membuat seseorang lebih mudah obesitas. Peneliti dari Universitas Yale Qing Yang melakukan penelaahan terhadap literatur ilmiah tentang pengganti gula dan pengaruhnya terhadap nafsu makan dan berat badan. Telah disimpulkan, seseorang yang konsumsi pemanis buatan dapat menyebabkan nafsu makan bertambah, sehingga Anda menjadi craving tidak terkontrol.

Sakit kepala
Seseorang yang suka mengonsumsi minuman manis pasti akan sering mengeluh sakit kepala. Hal ini sebaiknya tidak terjadi, sehingga Anda harus membatasi pemanis buatan. Paling tidak, sehari Anda bisa konsumsi satu kemasan pemanis aspartame yang aman. Tapi jangan dikonsumsi setiap hari, karena banyak timbul risiko buruk bagi kesehatan.

Tidak mendapatkan energi cukup
Dalam setiap beraktivitas, seseorang sangat membutuhkan energi cukup. Tapi caranya Anda harus emmbatasi minuman manis supaya metabolisme tubuh tetap terjaga. Nah, berdasarkan penelitian, pada orang-orang yang konsumsi pemanis buatan setiap hari, tubuhnya cenderung kekurangan energi. Akibatnya, Anda akan merasa letih setelah menjalankan aktivitas yang padat.

Gangguan insulin
Konsumsi pemanis buatan berlebihan juga menyebbakan gangguan insulin. Fungsi pankreas Anda dapat terganggu, sehingga dapat menurunkan secara perlahan-lahan. Jika dibiarkan, lama-lama menjadi diabetes. Akibatnya, tubuh Anda mengalami gangguan lain yang berdampak pada penyakit berbahaya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...