April 2017

“Sabang Marine Festival” Hadirkan Kapal Yacth Dunia

FOTO | ISTIMEWALogo Sabang Marine
A A A

SABANG - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) akan melaksanakan kengiatan "Sabang Marine Festival III" pada Arpil 2017 dan kegiatan tersebut akan dihadiri para pelayar atau pengguna kapal "yacth" dari belahan dunia.

Kepala BPKS Fauzi Husin dalam siaran pers, di Sabang, Kamis, mengatakan, Sabang Marine Festival (SMF) yang akan berlangsung selama sepekan itu turut melibatkan Kementerian Pariwisata, Dinas Kebudayaan dam Pariwisata Provinsi Aceh serta Pemerintah Kota Sabang dan pihak-pihak terkait lainnya dalam pengembangan industri pariwisata.

Dikatakan, jika tidak ada halang yang merintang, pihaknya akan melaksanakan kegiatan akbar internasional sebagaimana yang telah direncanakan bersama yakni Sabang Marine Festival III 2017 pada April mendatang.

"Rencana kegiatan ini akan kita laksanakan akhir April. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka mempromosikan wisata bahari kepada wisatawan mancanegara khususnya kepada para komunitas yacht dunia," katanya.

Dikatakan, berdasarkan pengalaman yang ada, kegiatan ini sangat efektif dilakukan dalam rangka mempromosikan potensi wisata yang ada di Sabang ini.

Hal itu karena jika melihat dari pelaksanaan Sabang Marine Festival tahun-tahun sebelumnya peserta yang hadir terus mengalami kenaikan secara signifikan.

"Bila melihat dari SMF I sedikitnya ada 8 yacht yang datang dan SMF II ternyata peserta yang hadir mencapai 20 yacht. Bahkan sepanjang tahun 2016 ini ada sekitar 60 yacth yang singgah ke Sabang. Ini bukti bahwa Sabang Marine Festival sangat efektif dalam dalam mempromosikan wisata," ujar Fauzi Husen.

Menurutnya, secara geografis letak Sabang menjadi sangat strategis terhadap kunjungan kapal-kapal wisata dari Malaysia dan Thailand. Bahkan, Sabang bisa menjadi destinasi Wisata Asia dan Dunia yang diperhitungkan.

Melalui kegiatan ini, dirinya sangat yakin dapat memicu kunjungan Para Pelayar Dunia yang berada di Asia untuk bisa berkunjung ke Sabang.

"Apalagi dengan kemudahan yang telah diberikan seperti kebebasan visa, visa on arrival (VOA) dan kemudahan perizinan lainya, seperti CAIT ( Clearance and Approval for Indonesian Territory). Dengan begitu saya yakin Sabang bisa lebih sering dikunjungi yacht dan cruise pada masa mendatang," jelas Fauzi.

Fauzi juga menyebutkan bahwa Sabang Marine Festival juga memiliki tujuan untuk Untuk memicu kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Sabang, memotivasi pengembangan wisata bahari di kawasan Sabang.

"Tentunya juga akan memicu dampak ekonomi riil bagi masyarakat Sabang dan menjadikan Sabang sebagai bagian dari destinasi wisata layar di Asia," tambah Fauzi.

Sementara itu, Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan menambahkan, dalam SMF III 2017 juga diisi dengan pementasasn seni dan hiburan, aneka Perlombaan Rakyat, city tour Banda Aceh, tour de Sabang dan memperkenalkan Marina Port yang berada di Lhok Weng dan Iboh.

Target dari kegiatan ini yakni untuk memperkenalkan potensi wisata khususnya wisata maritim kepada komunitas yacht dunia baik di Asia maupun lainya.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...