Tips Jaga Kebersihan,

Saat Menstruasi di Perjalanan Mudik

FOTO | FitpregnancyIlustrasi
A A A

Langkahnya di perjalanan mudik, apalagi bagi yang naik bus atau mobil, bawa air bersih di botol. Bawa tissue dan pembalut yang nyaman,

dr. Frida Soesanti, S.pA Anggota Satgas Remaja IDAI

JIKA kebetulan Anda sedang mengalami menstruasi saat perjalanan mudik, Anda harus tetap menjaga kebersihannya. Ini dilakukan untuk mencegah infeksi di area kewanitaan.

Di jalan pastinya Anda tak mudah menemukan toilet bersih sehingga menjadi sangat risih apabila pembalut terasa penuh. Karena itu, banyak hal yang harus dipersiapkan agar mudik tetap nyaman.

Bagaimana langkahnya ya? Anggota Satgas Remaja IDAI dr Frida Soesanti SpA mengatakan, semua perempuan wajib menjaga kebersihan daerah intim wanita. Jika tidak, penyakit akibat kuman dan bakteri mudah menyerang. "Langkahnya di perjalanan mudik, apalagi bagi yang naik bus atau mobil, bawa air bersih di botol. Bawa tissue dan pembalut yang nyaman," terangnya kepada Okezone saat ditemui di kawasan Kuningan, baru-baru ini. Anda juga disarankan untuk ganti pembalut setiap 6 jam sekali.

Hal ini dilakukan agar daerah Miss V tetap bersih. Lalu, saat ganti pembalut gunakan bekal air bersih yang telah Anda siapkan. Kemudian, lap dengan tissue hingga kering. Kemudian, yang harus diingat jangan hanya sekedar ganti pembalut Anda.

Celana dalam bersih juga sangat dibutuhkan untuk mencegah penyakit. Cara ini juga berlaku bagi anak remaja perempuan yang mulai menstruasi. Ajarkan langkah ini dengan benar.

"Apalagi kalau mudiknya ke daerah yang sulit ini. Ini akan lebih menyusahkan. Sebagai gantinya air, mungkin juga bisa menyediakan tissue basah yang aman untuk mengelap sisa-sisa darah," tutupnya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...