Enam Penyebab Tubuh Terasa Lelah,

Saat Bangun di Pagi Hari

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

APA yang Anda harapkan ketika bangun tidur? Pasti tubuh yang segar setelah semalaman tidur. Tapi, kadang kala Anda merasa sangat lelah saat bangun tidur di pagi hari, kenapa ya?

Kadang apa yang kita lakukan malam sebelumnya dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh saat bangun di pagi hari. Namun, sayangnya kita tidak menyadari apa penyebab dari tubuh merasa lelah saat bangun di pagi hari.

Berikut penyebab Anda merasa lelah saat bangun tidur menurut ISleep Spesialis Dr Aparna Gupita yang dilansir dari laman Thehealthsite, Selasa (30/1/2018):

Semalam Minum Alkohol
Alkohol dapat mengganggu tidur nyenyak Anda di malam hari. Alkohol juga merupakan diuretik yang bisa membuat Anda bangun di tengah malam karena ingin buang air kecil.

Minum Kopi di Malam Hari
Kafein adalah stimulan yang bisa menyulitkan Anda untuk tertidur. Karena kafein juga memiliki efek diuretik, mungkin Anda akan terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

Grinding Gigi Saat Tidur
Menggrinding atau menggiling gigi mungkin bisa mengganggu kualitas tidur Anda dengan menghalangi saluran napas. Hal ini dapat mencegah Anda mendapatkan cukup oksigen, sehingga membuat Anda terbangun di malam hari.

Menelepon Sebelum Tidur
Cahaya dari telepon genggam Anda dapat mengganggu kemampuan otak untuk menghasilkan melatonin yang memproduksi tidur. Akibatnya Anda akan berjuang keras untuk tertidur.

Anda Berolahraga Sebelum Tidur
Berolahraga 2 atau 3 jam sebelum tidur bisa benar-benar mengacaukan siklus tidur Anda. Hal ini dapat meningkatkan kortisol dan mengurangi melatonin sehingga membuat Anda berjuang keras untuk tertidur.

Menonton TV Sebelum Tidur
Anda tidak akan mendapatkan kualitas tidur yang baik jika menonton TV sebelum tidur. Gairah kognitif pra-tidur mengganggu transisi alami tubuh untuk tidur dan waktu yang dibutuhkan untuk sepenuhnya rileks.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...