Rokok Senilai Rp5,7 Miliar Dimusnahkan

doc.Illustrasi
A A A

BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 12,7 juta batang rokok yang tidak bercukai dimusnahkan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandar Lampung.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Selatan Aflah Farobi mengatakan, pemusnahan barang hasil penindakan itu adalah hasil pertimbangan barang-barang itu berbahaya bagi kesehatan dan keamanan masyarakat.

"Pemusnahan ini juga untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pelaku industri dalam negeri," katanya usai pemusnahan di Jalan Ir Sutami, Bandar Lampung, Selasa (29/11/2016).

Aflah menambahkan, selain memusnahkan 12,7 juta batang rokok senilai Rp5,7 miliar dan merugikan cukai sebesar Rp3,8 miliar, pihaknya juga memusnahkan barang-barang tak bercukai lainnya.

Barang-barang itu yakni 10.541 botol minuman beralkohol senilai Rp525 juta, 1.094 mainan anak-anak tak berizin, 37 alat bantu seks, 44 paket tanaman impor, 1.385 obat-obatan tanpa izin BPOM, 2.400 karung sabut kelapa, dan 40.200 kilogram palm acid oil.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli, mengkonsumsi, maupun memroduksi barang kena cukai ilegal. Menurutnya, berdasarkan temuan, banyak rokok ilegal mengandung bahan berbahaya.

"Ada yang menggunakan tembakau sisa dan dicampur potas untuk menggantikan cengkeh," katanya.

Begitu juga dengan minuman beralkohol, banyak ditemukan yang mengandung bahan methanol. Sedangkan minuman beralkohol yang laik konsumsi biasanya mengandung ethanol.

Sumber:okezone
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...