Anggota DPR Aceh HT Ibrahim ST MM meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk menunda melakukan penataan kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Aceh untuk sementara waktu. Ini disampaikan Ibrahim setelah mendengar keluhan dari masyarakat yang selama ini bergantung hidup di daerah tersebut. "Apalagi saat ini, sama-sama kita ketahui sedang Pandemi COVID-19 yang membuat ekonomi masyarakat terpuruk," kata Pria yang akrab disapa Ampon Bram, Kamis (22/10/2020).

Rocky Panen 50 Hektar Jagung di Aceh Timur

MUHAMMAD FAISALPanen Raya Jagung Hibrida
A A A

ACEH TIMUR- Bupati Aceh Timur melakukan Panen Raya Jagung Hibrida seluas 50 hektar di Desa Krueng Tuan, Desa Seumanah Jaya, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (8/10/2020).

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Timur, Erwin Etlizar, dalam laporannya menyebutkan, Kecamatan Ranto Peureulak masuk dalam kawasan pengembangan sektor pertanian jenis padi, jagung dan kedelai (pajale).

"Dalam penanaman jagung, kita mengarahkan petani untuk melakukan penanaman secara bertahap, sehingga masa panen juga berkesinambungan dari satu titik ke titik lain," ujar Erwin seraya menyebutkan, jagung yang dipanen kali jenis varietas Bisi-18 dan Pioner.

Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib SH, dalam arahannya berharap kawasan tersebut benar-benar menjadi daerah penghasil pertanian, sehingga terus mendukung ketahanan pangan nasional. "Soal pertanian kita selalu surplus. Muda-mudahan kita selalu surplus," katanya.

Disisi lain, bupati juga mengaku akan mengerahkan alat berat untuk membangun berbagai fasilitas umum seperti jalan tani di sejumlah titik di Desa Seumanah Jaya, sehingga pertumbuhan ekonomi lebih berkembang.

Menurutnya, pasca panen jagung juga diharapkan petani melakukan penanaman padi jenis serang. Untuk mendukung penanaman padi, nanti pihaknya akan menurunkan tim penyuluhan guna dibangun jaringan irigasi pompanisasi.

"Soal pertanian kita fokus, karena mayoritas masyarakat di daerah pedalaman fokus di sektor pertanian," ujar Bupati.

Hadir antara lain Kapolres, Dandim 0104/Aceh Timur, Kajari, Ketua DPRK, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, pimpinan OPD, unsur muspika, penyuluh dan tokoh tani.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...