Satu unit rumah berkontruksi kayu di Desa Lampeuneuen Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar dilalap si jago merah, Selasa (1/12/2020) sekira pukul 12:49 WIB. Peristiwa kebakaran ini diduga akibat kompor yang lupa dimatikan, sehingga rumah yang diketahui milii Mawardi (41) dalam kondisi rusak berat.

Robot Bakal Wira-wiri di RS Bantu Tenaga Medis

REUTERSIlustrasi Robot di RS
A A A

JAKARTA- Inovasi karya anak bangsa di bidang alat kesehatan terus berkembang sejak pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satu yang sedang disiapkan yakni robot di rumah sakit (RS).

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan robot tersebut untuk membantu para tenaga medis di rumah sakit. Saat ini masih terus disiapkan oleh beberapa lembaga pendidikan yang melakukan penelitian.

"Masih bersifat level workshop misalnya robot untuk keperluan membantu di rumah sakit itu masih dikembangkan oleh universitas yang menghasilkan robot tersebut dengan pabrikan skala kecil," kata Bambang dalam konferensi pers virtual tentang Pengembangan Vaksin, Terapi dan Inovasi COVID-19, Selasa (20/10/2020).

Namun, kata Bambang, nantinya untuk tahap awal robot tersebut hanya disediakan di RS tertentu saja. Sayangnya, dia tidak menyebut kapan robot itu bisa ada di RS.

"Memang masih untuk jangkauan rumah sakit yang tidak terlalu banyak," tuturnya.

Selain itu, Bambang mengklaim telah mengembangkan lebih dari 61 produk inovasi untuk penanggulangan COVID-19. Di antaranya PCR test, rapid test, alat pendeteksi COVID-19 baru menggunakan hembusan napas yakni GeNose, RT Lamp, hingga mobile lab BSL-2.

"61 itu sudah di-launching, sudah dihasilkan dan sebagian sudah masuk tahap industri dan tahap distribusi," tandasnya.

Sumber:Detik.com
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...