Intel

Rilis Update untuk Tangkal Bug Meltdown dan Spectre

FOTO | REUTERSAn Intel WLAN wifi component inside a laptop is seen in this illustration photo June 21, 2017.
A A A
Intel telah meluncurkan update untuk sebagian besar produk prosesor yang diperkenalkan dalam lima tahun terakhir,

JAKARTA – Tak lama setelah informasi terkait kerentanan dalam prosesornya, Intel mengumumkan telah merilis patch demi mengatasi kerentanan itu. Tak tanggung-tangung, sekira 90% prosesor yang diperkenalkan Intel lima tahun terakhir, terdampak oleh bug Meltdown dan Spectre.

“Intel telah meluncurkan update untuk sebagian besar produk prosesor yang diperkenalkan dalam lima tahun terakhir,” kata Intel dalam siaran persnya.

Kerentanan yang melanda prosesor Intel bisa mengakses rahasia yang tersimpan di memori atau program lain yang sedang berjalan. Tak hanya pada PC, kerentanan itu juga bisa melanda server, atau smartphone yang berjalan dengan prosesor Intel, ARM atau AMD.

Solusi yang digulirkan Intel dan mitranya, sejauh ini mengharuskan untuk memutuskan hubungan antara kernel dengan proses yang berjalan, meski solusi itu bisa mengakibatkan penurunan kecepatan kinerja prosesor. Perusahaan menegaskan bahwa dampaknya akan sangat bergantung pada beban kerja dan tidak terlalu dirasakan oleh konsumen.

Tak hanya melanda Intel dan perusahaan chipset, Meltdown dan Spectre juga menargetkan semua perangkat Apple termasuk Mac hingga perangkat iOS. Namun Apple baru mengumumkan kerentanan itu kepada publik.

Sebagai langkah antisipasi mengurangi kerentanan Meltdown, perusahaan telah menggulirkan update terbaru untuk iPad, iPhone, iPod sentuh, desktop dan laptop Mac, serta set-top-box Apple TV. Apple juga akan merilis update untuk web browser Safari dalam beberapa hari mendatang demi mempertahankan diri dari celah keamanan lain yakni Spectre. Demikian seperti dilansir Engadget, Jumat (5/1/2018).

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Tekno

Komentar

Loading...