Ketua Komisi I DPRA

Rekom Pemekaran Aceh Malaka dari Aceh Utara

ISTIMEWAKetua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Azhari Cage
A A A

ACEH - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Azhari Cage akan merekomendasi terhadap rencana pemekaran Aceh Malaka dari Kabupaten Aceh Utara.

Namun, untuk berlangsungnya hal tersebut pihaknya perlu melakukan verifikasi terhadap kelayakan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Aceh Malaka dari faktor ekonomi, jumlah penduduk, sarana infrastruktur, sumber daya alam, sumber daya manusia dan dukungan masyarakat.

“Secara administrasi Panitia Pemekaran Aceh Malaka telah memperoleh rekomendasi dari DPRK Aceh Utara dan Bupati Aceh Utara dan ini saatnya kami di DPR Aceh melaksanakan tugas kami untuk memberikan rekomendasi terhadap pemekaran Aceh Malaka ini,” kata Azhari Cage.

Tambahnya, sebelumnya pihaknya meninjau kesiapan Aceh Malaka untuk dimekarkan agar tiada kilafiah dikemudian hari nanti, walau sebenarnya pihaknya sudah sepakat untuk memberikan rekomendasi kepada Aceh Malaka, sambil memperkenalkan seluruh Anggota DPRA kepada Masyarakat.

Mukim Cot Murong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Tarmizi Adam mengatakan, urgenya pemekaran wilayah barat Aceh Utara berdasarkan faktor jarak tempuh, pemerataan putaran ekonomi, peningkatan taraf hidup masyarakat serta pemeretaan kesempatan kerja.

“Itu hal pertama kenapa kami mengusulkan untuk segera dimekarkan,” ungkapnya.

Ketua Pemekaran Aceh Malaka, A Hadi Arifin hal tersebut adalah bagian dari pelaksanaan dari cita-cita yang telah dirintis sejak 15 tahun yang lalu, sejak Lhokseumawe diresmikan sebagai kota madya dan dipilihnya Lhoksukon sebagai Ibukota Aceh Utara.

“Maka dengan pertimbangan jarak tempuh, memperlambat pelayanan birokrasi Masyarakat dan pembagian pembangunan yang sulit, maka 6 Kecamatan di wilayah Barat Aceh Utara (Sawang, Muara Batu, Dewantara, Banda Baro, Nisam dan Nisam Antara) diupayakan untuk mendapatkan pemekaran ketika itu dan hari ini adalah kelanjutan dari proses tersebut,” jelasnya.

ADV

Kode:Advertorial
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...