Makanan Ampuh

Redakan Nyeri Panggul pada Wanita

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

APA yang menyebabkan nyeri panggul? Sumber nyeri panggul yang paling umum berasal dari jaringan parut, infeksi, endometriosis dan interstitial cystitis.

Nyeri panggul sering menyerang pria atau wanita, yang biasanya disebabkan dengan kekurangan minum air putih dan banyaknya melakukan aktivitas. Tetapi menurut Dr. Joseph Abdelmalak, seorang dokter di Klinik Cleveland, 80 persen pasien dengan nyeri panggul kronis adalah wanita.

Beberapa wanita mengalami rasa sakit saat buang air besar, aktivitas seksual atau menstruasi. Nyeri panggul kronis adalah sesuatu yang berlangsung lebih dari tiga bulan dan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Hati-hati jika rasa sakit itu sudah semakin parah, biasanya akan terasa jika Anda sedang melakukan gerakan kecil, seperti duduk, berdiri, gerakan tiba-tiba, bahkan bernapas. Selain harus berolahraga, Anda juga rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, agar bisa mengurangi rasa nyeri, lansiran dari She Knows, Selasa (20/11/2018).

Lalu apakah diet bisa mempengaruhi nyeri panggul? Sebenarnya makanan yang dikonsumsi itu sudah memiliki kandungan sehat. Bahkan makanan yang dikhususkan untuk diet bisa meredakan nyeri pada panggul.

Menurut Hever, diet anti inflamasi terdiri dari 40 hingga 50 persen karbohidrat, dan 20 hingga 30 persen protein nabati. Julieanna Hever, seorang ahli diet penulis Nutrisi Berbasis Tanaman (Idiot's Guide) dan The Vegiterranean Diet, mengatakan bahwa diet benar-benar dapat dihubungkan untuk membantu pemulihan nyeri panggul. “Makanan nabati menawarkan sejumlah besar phytonutrisi kuat yang bertindak untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh,”

Nah untuk saat ini perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin. Makanan organic seperti, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, buah jeruk, air dan teh adalah contoh makanan yang termasuk diet anti inflamasi.

Asam lemak Omega-3 adalah kunci dalam mengurangi peradangan dan berkontribusi untuk meringankan rasa sakit pada otot dan persendian. Selain itu, makanan rendah glisemik, yang mengandung lebih sedikit gula, juga membantu mengurangi nyeri panggul kronis.

Makanan yang berkontribusi terhadap nyeri panggul adalah lemak trans, daging merah, dan gluten. Alkohol dan kafein adalah minuman yang bisa meringankan peradangan nyeri otot panggul.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...