Kebakaran Hebat Landa Chile,

Ratusan Rumah Hancur

FOTO | ISTIMEWASetidaknya 100 rumah hancur saat kebakaran hebat melanda wilayah Valparaiso yang berada di pesisir Chile.
A A A

SANTIAGO - Setidaknya 100 rumah hancur saat kebakaran hebat melanda wilayah Valparaiso yang berada di pesisir Chile. Ratusan orang terpaksa dievakuasi dari kota itu akibat kebakaran hebat tersebut.

Menteri Dalam Negeri Chili Mahmud Aleuy mengatakan, 19 orang telah dilarikan ke rumah sakit akibat kebakaran itu, termasuk 16 menderita masalah pernapasan. Pasokan listrik dihentikan sementara ke wilayah yang paling terdampak kebakaran

"Puluhan pemadam kebakaran dari Valparaiso dan kota-kota tetangga dikerahkan untuk melawan api, dan penyelidik telah dikirim untuk menentukan penyebab kebakaran," kata Aleuy, seperti dilansir Reuters pada Selasa (3/1).

"Ini adalah zona berisiko tinggi dan sektor telah mengalami evakuasi. Ini (evakuasi) telah berhasil dilakukan, dan untungnya kami tidak mengalami tragedi yang harus membuat kita berduka," sambungnya.

Kekeringan di Chile tengah menyebabkan catatan jumlah kebakaran hutan di daerah tahun lalu, mendatangkan malapetaka pada industri kehutanan dan memaksa evakuasi dalam beberapa pekan terakhir di dekat ibukota, Santiago, sekitar 100 km tenggara dari Valparaiso.

Valparaiso sendiri merupakan distrik perkotaan terbesar kedua di Chile. Dibangun di lereng bukit yang curam di daerah yang tertutup pinus, banyak struktur kayu kota yang rentan terhadap kebakaran, terutama di lingkungan miskin. Pada tahun 2014, kebakaran menewaskan 13 orang dan membakar 2.000 rumah.

Sumber: sindonews.com
Rubrik: Dunia

Komentar

Loading...