Biar Kuku Tak Mudah Patah

Rajin Konsumsi Lima Makanan Ini

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi kuku
A A A

KUKU sebagai salah satu bagian tubuh yang terkecil, memang sering terabaikan kondisi kesehatannya. Padahal kondisi kuku bisa merefleksikan kondisi kesehatan tubuh atau inner health kita pada umumnya, maka dari itu penting adanya untuk merawat kondisi kuku. Sebab siapa sih orang yang mau memiliki kuku tidak sehat?

Nah, jika Anda termasuk yang punya kondisi kuku tidak sehat seperti kuku berwarna kusam, mudah patah, hingga kuku terkelupas, maka salah satu cara untuk memperbaikinya ialah dengan mengonsumsi asupan makanan baik yang mengandung kalsium dan vitamin B yang mana esensial untuk kuku yang sehat. Menyitat Ndtv, Sabtu (9/7/2018) berikut 5 makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan harian tersebut.

Ikan


Untuk memperoleh kuku sehat dan kuat, penting untuk mengonsumsi protein. Ikan jadi salah satu makanan yang bisa diandalkan. Tinggi akan kandungan omega-3 dan asam lemak, ikan adalah sumber protein dan sulfur yang baik. Jika kuku Anda tipis dan rapuh, maka ikan adalah makanan yang tepat. Selain untuk menyehatkan kuku yang tipis dan mudah patah, mengonsumsi ikan juga dapat membantu untuk melembutkan kuku.

Telur


Tidak hanya enak dan mudah diolah, telur sebagai sumber protein, vitamin D, vitamin B12, iron dan biotin yang mana semua ini dikenal bisa menambah ketebalan kuku.

Kacang hijau


Kecil namun punya banyak manfaat untuk kesehatan. Tahukah Anda bahwa kacang hijau itu kaya akan protein, beta karoten, dan vitamin C. Makanan penuh nutrisi ini membantu untuk menguatkan kuku-kuku jari dan meningkatkan tingkat pertumbuhan kuku.

Oat


Untuk menjaga kesehatan kuku-kuku jari, penting untuk mengonsumsi mikronutrien. Salah satunya bisa dengan menyantap oat, yang kaya akan vitamin tembaga, zinc, mangan, dan vitamin B yang kesemuanya ini dikenal memang bisa membantu pertumbuhan kuku yang sehat.

Sayur-sayuran hijau


Dipenuhi dengan kalsium, iron, dan anti-oksidan, sayur-sayuran hijau adalah sumber nutrisi baik. Maka dari itu, jangan lupa untuk menambahkan bayam, kale, brokoli, ke dalam menu pola makanan sehari-hari agar dapat membantu kuku jauh dari kondisi kuku rapuh.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...