Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Imam Hafizd

SAMSUDDINPembukaan pelatihan calon imam hafidz
A A A

BENER MERIAH – Sebanyak 50 peserta calon imam hafidz ikuti pelatihan yang digelar Dinas Syariat Islam Kabupaten Bener Meriah. Rabu (16/9/2020) di Masjid Nur Nabawi komlek Perkantoran Pemkab setempat.

"Pelatihan tersebut juga menjaring 10 orang imam hafidz yang dilatih untuk mengingkuti perlombaan mengikuti MTQ,"kata Kadis Syariat Islam Bener Meriah, Taslim SAg MSos dalam sambutannya.

Pelatihan yang dilaksanakan mengambil tema “Melalui kegiatan pelatihan imam hafidz kita tingkatkan kualitas ibadah shalat lima watu dan semangat dalam membina generasi yang ukhuwah menuju Bener Meriah islami, harmoni, maju, dan sejahtra".

Dikatakannya, mengingat saat ini masih dalam situasi pendemi Covid-19 untuk itu para peserta nantinya akan mendapat pelatihan dimasing-masing Pondok pasentrennya namun untuk evaluasinya tetap dilaksanakan di Masjid Nur Nabawi.

“Dalam kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yakni, memakai masker, mencuci tanggan, dan menjaga jarak,"kata Taslim.

Lalu pihaknya juga akan melakukan safari subuh, dimana safari subuh itu akan diimami nantinya oleh peserta imam hafidz dengan harapan saat pelaksanaan safari subuh itu dapat dihadiri Bupati Bener Meriah.

Sementara itu, mewakili Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, Seketaris daerah (Sekda) Drs Haili Yoga M Si menyampaikan, derajat itu tergantung dengan ilmu yang dimiliki. "Alhamdulillah ada 50 calon imam hafidz, yang nantinya mengisi masjid di 10 Kecamatan dalam Kabupaten Bener Meriah, beryukurlah bagi orang tua yang telah memiliki anak yang dapat menjadi imam hafidz,"kata Sekda.

Jelas Sekda, kegiatan itu adalah salah satu sunah Rasulullah. Wajib kita bersyukur kepada Rasulullah bahwa masih banyak umat di daerah kita yang bisa menjadi imam hafidz.

"Bupati titip salam karena beliau ada urusan di luar daerah maka kepada kami di percayakan untuk menghadiri pelatihan imam hafidz ini. Kegiatan ini hendaknya tidak sebatas kegiatan seremonial saja, namun, kita berharap kegiatan ini nantinya ada implementasi yang sampai kemasyarakat kita. Kepada anak anak kami sampaikan arti bacaan yang kita bacakan dalam sholat, sehingga makmum tau apa sebenarnya arti dari bacaan Qur'an yang kita baca saat menjadi imam,"harap Sekda.

Terkait safari subuh, pihaknya nanti akan berkeliling kesetiap masjid, untuk melihat langsung kegiatan sholat subuh di daerah Bener Meriah

Lebih jauh dikatakan Sekda, bahwa saat ini sudah banyak orang yang jarang membaca Alquran, dengan kegiatan seperti ini dapat memicu orang untuk ingin membaca dan memahami alquran.

"Sehebat apapun kita orang tua menjadi yang nomor satu. Doakan orang tua, guru, para pemimpin kita semoga selalu dalam lindungan ALLAH SWT,"pinta Haili kepada para peserta.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...