di Aceh Selatan

Puluhan Hektare Padi Gagal Panen

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

ACEH SELATAN - Puluhan hektare tanaman padi di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, gagal panen pada musim tanam rendengan tahun 2017, karena serangan burung pipit.

Zamhuri, salah seorang petani di Desa Pasie Kuala Ba'u, Kecamatan Kluet Utara, Jumat menyatakan, serangan burung pipit semakin parah dan banyak petani membiarkan begitu saja tanaman padinya yang sudah siap panen.

Disebutkan, sebagian besar bulir padi yang menguning tersebut sudah kosong akibat dimakan burung, sehingga antara hasil yang diperoleh dengan ongkos kerja yang dikeluarkan sudah tidak seimbang.

Tanaman padi yang diserang burung itu berada di empat desa, yakni Desa Keude Padang, Simpang Le, Suak Geuringgeng dan Desa Pasie Kuala Ba`u.

Menurutnya, para petani di wilayah tersebut sudah kehabisan akal dan cara dalam menghalau kedatangan gerombolan burung pipit kepala putih.

Upaya menghalau serangan burung, kata dia, sudah ditempuh oleh para petani mulai dengan cara memasang patung mirip atau menyerupai manusia hingga memasang mainan dan VCD bekas yang diikat pada tali mengelilingi lahan persawahan.

"Serangan hama burung kali ini terkesan agak rada-rada aneh sedikit, sebab biasanya dengan dihalau dengan patung menyerupai manusia disertai bunyi-bunyian dari mainan yang diikat pada tali saat dihembus angin, burung-burung tersebut sudah terbang lari ke tempat lain," katanya.

Tapi kali ini burung-burung itu sudah semakin bandel. Semakin ditakut-takuti dengan mainan tersebut, gerombolan burung justru semakin betah lama-lama hinggap di batang padi, ujarnya.

Karena itu, kata dia, dirinya mewakili puluhan petani lainnya mengharapkan kepada Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Pertanian dan Peternakan segera mencari solusi konkrit untuk mengatasi serangan hama burung pipit yang sudah sangat meresahkan para petani setempat.

"Terus terang saja saya akui bahwa para petani sudah kewalahan dalam menghalau serangan hama burung. Mungkin saja dari pihak dinas teknis dalam hal ini Dinas Pertanian memiliki teknis tersendiri yang lebih efektif dalam menghalau burung, maka kami mohon tolong dibantu para petani di Kemukiman Kuala Ba'u," pintanya.

Disamping itu, kata dia, pihaknya juga meminta kepada Dinas Pertanian Pemkab Aceh Selatan agar memfasilitasi seluruh petani di Kecamatan Kluet Utara khususnya di Kemukiman Kuala Ba'u, agar segera merealisasikan pola tanam padi serentak pada musim tanam gadu ke depannya.

"Sebab melalui pola tanam padi serentak tersebut, setidaknya akan mampu meminimalisir dampak kerugian yang ditanggung oleh para petani, sebab konsentrasi serangan hama burung setidaknya sudah terpecah, tidak lagi terfokus pada satu tempat atau satu lokasi saja," katanya.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...