Berani Mendarat di Sana?

Pulau Karibia Punya Landasan Pacu Hanya Sepanjang 400 Meter

FOTO | ISTIMEWALandasan Pacu Terpendek
A A A

LANDASAN pacu menjadi lahan yang paling penting bagi penerbangan pesawat. Tanpa landasan pacu, pesawat tidak bisa lepas landas, pun mendarat dengan baik.

Namun, bagaimana jika landasan pacu yang tersedia luas lahannya tidak sebagaimana mestinya? Apakah berbahaya? Apakah Anda berani untuk terbang dan mendarat di sana?

Landasan pacu dengan bentangan paling sempit di dunia ternyata ada di sebuah pulau bernama Karibia, Belanda. Bagaimana tidak, landasan tersebut membentang hanya sepanjang 400 meter saja! Padahal, landasan pacu yang ideal seharusnya membentang 3.902 meter seperti Bandara Heathrow.

Landasan pacu yang berada di Bandara Juancho E. Yrausuquin, Saba tersebut hanya sekira sepersepuluh panjang landasan pacu bandara-bandara lainnya. Melansir dari The Sun Scotish, Senin (15/1/2018), ada sebuah rekaman sebuah pesawat yang melakukan pendaratan dengan sangat mendebarkan.

Dalam rekaman tampak pilot harus menavigasi pesawat mereka di atas bukit curam di salah satu landasan pacu, sebelum berhenti di daratan sepanjang 400 meter. Dari rekaman pula tampak pesawat hanya membutuhkan waktu sekira 10 detik sejak pertama kali menyentuh tanah untuk benar-benar berhenti dan mendarat.

Oleh karena ukurannya yang kecil, Bandara Saba hanya bisa menerima pendaratan dan penerbangan pesawat terbang kecil dan helicopter. Selain itu, alasan lainnya yang tidak memungkinkan Bandara Saba tidak menerima pesawat besar, yaitu karena landasan terbang ini beroperasi tanpa pusat kontrol lalu lintas udara dan itu jadi alasan yang terbaik.

Wilayah terkecil di Belanda ini memiliki populasi sekira 1.990 dan bisa menyambut lebih dari 9.000 orang wisatawan setiap tahunnya. Mayoritas wisatawan yang mengunjungi Pulau Karibia berasal dari Amerika Utara dan kepulauan lainnya yang berdekatan.

Bagi wisatawan yang ingin penerbangan langsung, bisa mencoba terbang dari Belandan ke Saba, yang merupakan landasan pacu komersial terkecil di dunia. Tapi, ternyata masih ada landasan pacu yang lebih sempit lainnya, sepeti Out Skerries di Shetland, Skotlandia yang panjangnya hanya 370 meter atau selisih 30 meter dan landasan pacu yang berada di kapal selam Matekane Lesotho di Afrika yang sama berbahayanya dengan Saba, yaitu 400 meter.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...