Pulau Gosong Cocok Berselancar

FOTO | ISTIMEWASurfing
A A A

ABDYA - Pulau Gosong Sangkalan, pulau kecil seluas sekitar satu hektare di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memiliki deburan ombak yang sangat cocok dikembangkan untuk penikmat selancar (surfing).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abdya Mukhlis di Blangpidie, Selasa mengatakan, selain sangat cocok untuk penikmat selancar, pulau yang berjarak sekitar 2 mil dari lokasi wisata Pantai Jilbab, Kecamatan Susoh, itu juga sangat cocok untuk penyelam (diving).

"Di pulau kecil yang diberi nama Gosong Sangkalan itu juga sangat cocok untuk penyelam, karena terdapat sajian terumbu karang di alam bawah laut yang luasnya mencapai 125 hektare,dengan beraneka ragam ikan hias," katanya.

Mukhlis mengatakan, kekayaan alam bawah laut Pulau Gosong merupakan aset daerah yang harus dikembangkan, apalagi keindahan kawasan tersebut mampu mengimbangi panorama alam bawah laut daerah lain seperti Pulau Rubiah (Sabang), Bunaken (Manado) atau daerah-daerah lain di Indonesia.

"Kondisi terumbu karang di kawasan Pulau Gosong Sangkalan masih sangat baik, keanekaragaman ikan hias yang begitu menabjubkan ikut mempercantik pemandangan alam bawah laut. Bahkan pada dasar kedalamannya ditemukan jenis ikan langka di dunia," ujarnya.

Kata dia, banyak ikan hias jenis Napoleon yang harganya mencapai puluhan juta berada di sela-sela terumbu karang bawah laut Pulau Gosong, sehingga bila kekayaan bahari tersebut menjadi salah satu objek wisata di kabupaten ini tentu akan meningkatnya sumber pendapatan asli daerah

Oleh karena itu, pengelolaan kawasan tersebut tentu diharapkan adanya program kerjasama lintas sektoral antara Dinas Kelautan, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum mengingat untuk mengembangkan sektor tersebut membutuhkan dukungan teknis, anggaran dan tim pengelolaan.

Kesiapan infrastruktur dan fasilitas merupakan keharusan yang harus disiapkan bila tempat wisata Pulau Gosong tersebut dikelola, baik itu fasilitas transportasi, fasilitas pondok wisata dipulau, tambatan kapal wisata, dermawasa wisata, rumah ibadah hingga tersedianya air bersih dan kebutuhan lainnya.

"Pulau Gosong Sangkalan itu sangat mudah dijangkau dari daratan, karena, pulau itu hanya memiliki jarak sekitar 2 mil laut atau setara 3,2 Km dari pelabuhan umum dan pelabuhan perikanan Abdya. Apalagi, Kabupaten Abdya memiliki bandara perintis Kuala Batu," katanya.

Bandara Kuala Batu yang memiliki jarak sekitar 4,8 Km dari pelabuhan penyebrangan tentu sangat mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan, baik lokal, domestik maupun wisatawan internasional.

Sumber: ANTARA
Rubrik: Travel

Komentar

Loading...