Pulau Banyak Wisata Andalan Singkil

wisata snorkeling
A A A

BANDA ACEH - Sesuai dengan namanya, Kecamatan Pulau Banyak adalah gugusan pulau-pulau kecil yang jumlahnya 99 pulau di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh dengan luas wilayah secara keseluruhan 27,196 hektare dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang sangat panjang dan indah.

Dari sekian banyak pulau, namun ada beberapa pulau yang dijadikan objek wisata bahari yang cukup menarik, sehingga kawasan itu dijuluki sorga bagi wisatawan asing yang berbulan madu.

Pulau yang terletak diujung sebelah Pulau Sumatera jadi rebutan para turis, khususnya dari mancanegara, bahkan Pulau Bangkaru nomor 2 terbesar memiliki kekayaan hutan dan penuh flora dan fauna langka.

Pengelolaan Pulau Bangkaru yang dikelola pihak swasta paling banyak dikunjungi, karena selain panoramanya cukup indah, juga di pulau itu terdapat penyu hijau yang dilindungi. Wisman bisa menikmati keindahan laut dengan sarana snorkling, dan papan selancar.

Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Aceh Singkil Syurkani, pernah menyebutkan, banyak kawasan wisata di pulau itu yang dikelola pihak swasta dan banyak wisman yang ke sana.

Wisatawan menempuh ke Pulau Banyak bisa dari 3 penjuru yakni Pulau Nias, Sibolga, maupun daerah lokal Kabupaten Aceh Singkil. Bila naik fery menempuh perjalanan 4 jam dan bila menggunakan boat nelayan 3 jam dan bila menggunakan kapal cepat hanya dengan waktu 1 jam.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...