Gili Iyang

“Pulau Awet Muda” di Sumenep

FOTO | ISTIMEWAGili Iyang
A A A

MENDENGAR kata “Gili” pasti benak langsung tertuju pada Nusa Tenggara Barat. Namun, tidak semua gili ada di NTB lho, traveler! Pasalnya, di Sumenep pun ada sebuah daerah bernama Gili Iyang.

Pulau yang berada di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tersebut, tidak hanya sekadar pulau yang bisa dijadikan destinasi wisata, tapi mengunjungi Gili Iyang Anda pasti akan terus tercengang. Bagaimana tidak, di Gili Iyang banyak penduduk yang berusia satu abad alias seratus tahun lebih!

Untuk itu wajar saja menyebut Gili Iyang sebagai Pulau Awet Muda. Adapun salah satu faktor yang membuat banyak penduduknya berumur panjang ialah kandungan oksigen di udara yang banyak. Bahkan, kadar oksigen di Gili Iyang menempati posisi kedua tertinggi di dunia, dengan rata-rata lebih banyak 20 persen.

Mengunjungi Gili Iyang, para wisatawan dapat menyelam di lautan biru, bersantai di pantai berkarang, dan bermain-main di pantai berpasirnya yang indah. Selain itu, ada pula gua-gua yang tidak akan membuat traveler kecewa, sekira 10 gua bisa traveler jelajahi.

Menikmati pesona alam tidak akan lengkap jika tanpa berinteraksi dengan penduduk lokal. Di Gili Iyang para wisatawan pun bisa menjelajah dan berkeliling Gili Iyang ditemani penduduk setempat. Mereka bahkan akan mengajak Anda ke spot-spot yang dianggap mengandung oksigen tertinggi.

Para wisatawan juga bisa naik odong-odong untuk berkeliling pulau. Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan lebih lama, Anda bisa menginap di homestay, rumah penduduk, atau warung makan.

Tertarik untuk mengunjungi Pulau Awet Muda dan berinteraksi dengan penduduk lokalnya yang awet muda? Anda bisa naik pesawat dari Surabaya ke Sumenep atau naik bus dari Terminal Bungurasih Surabaya menuju ke Terminal Arya Wiraraja Sumenep.

Dari bandara atau terminal di Sumenep, Anda bisa naik angkutan umum atau sewa mobil ke Pelabuhan Dungkek. Para traveler harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa kapal dan menyeberang perairan Pulau Madura dari Pelabuhan Dungkek menuju Gili Iyang sekira 1 jam, jika ombak bersahabat.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...