Presiden FIFA,

Prihatin dengan Besarnya Bayaran Agen Pemain Sepakbola

FOTO | ISTIMEWAPresiden FIFA Gianni Infantino
A A A
Transaksi kepada agen semakin besar dan kerap dilakukan dengan cara-cara yang kotor dan tidak terbuka sehingga menimbulkan pertanyaan akan adanya penyalahgunaan dana,

LONDON - Presiden FIFA Gianni Infantino mengaku prihatin dengan besarnya uang yang lari dari industri sepakbola dalam bentuk uang agen pemain bola.

Liga Primer Inggris menghabiskan 430 juta pounds dalam bursa transfer musim dingin, di mana 150 juta pounds dibelanjakan pada hari terakhir, Rabu (31/1) lalu, di antaranya untuk transfer Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund ke Arsenal senilai 56 juta pounds. Jumlah transfer Januari tahun ini mengalahkan rekor transfer sebelumnya pada 2011 senilai 135 juta pounds.

Klub-klub papan atas Liga Inggris membayarkan 174 juta pounds kepada agen-agen pemain sepakbola selama musim 2016-2017.

"Ini adalah permasalahan yang harus ditangani, 'jendelanya' harus dibuka," kata Infantino kepada BBC.

Hal yang menjadi kekhawatiran Infantino adalah meningkatnya uang yang diterima agen, sementara uang yang diterima klub yang membina pemain berkurang.

"Transaksi kepada agen semakin besar dan kerap dilakukan dengan cara-cara yang kotor dan tidak terbuka sehingga menimbulkan pertanyaan akan adanya penyalahgunaan dana," kata Infantino.

Menurut laporan Deloitte, belanja pemain musim 2017-2018 di Liga Inggris akan mencapai 1,9 miliar pounds. Klub-klub Inggris membayar agen sebesar 220 juta pounds untuk periode Februari 2016 hingga Januari 2017, naik 38 persen dari 160 juta pounds pada periode musim 2014-2015.

Untuk mengatasi masalah ini, Infantino memiliki rencana. "Saya ingin semua transaksi dilakukan melalui rumah kliring di mana komisi agen, biaya transfer dan kompensasi pembinaan dikalkulasi dan ditangani," kata dia.

Ini adalah permasalahan yang harus ditangani, 'jendelanya' harus dibuka,
Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...