Moon Jae-in

Presiden Baru Korsel Ingin Sambangi Pyongyang

FOTO | REUTERSPresiden baru Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in menyatakan kesiapan untuk melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut).
A A A

Jika perlu, saya akan segera berkunjung ke Washington. Saya juga siap untuk mengunjungi Pyongyang jika memungkinkan,

Moon Jae-in Presiden Korea Selatan

SEOUL - Presiden baru Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in menyatakan kesiapan untuk melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut). Ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dengan negara tetangga Korsel tersebut.

Berbicara paska mengambil sumpah jabatan sebagai Presiden Korsel, Jae-in mengatakan, ia akan melakukan kunjungan ke Pyongyang, jika kondisinya memadai untuk dia bepergian ke ibukota Korut itu.

"Jika perlu, saya akan segera berkunjung ke Washington. Saya juga siap untuk mengunjungi Pyongyang jika memungkinkan," kata Jae-in dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (10/5).

Sebelumnya pada hari itu, Komisi Pemilihan Nasional (NEC) Korsel mengatakan, Jae-in menjadi presiden baru negara setelah mendapatkan 41,1 persen suara dalam pemilihan Presiden yang berlangsung kemarin.

Sebanyak 13 kandidat ikut ambil bagian dalam pilpres tersebut. Moon Jae-in yang berasal Partai Demokrat Liberal Korea dianggap sebagai salah satu dari dua saingan utama bersama dengan dan Ahn Cheol-soo dari Partai Rakyat kiri-tengah.

Pemungutan suara berlangsung kurang dari dua bulan setelah Presiden Park Geun-hye digulingkan menyusul skandal korupsi yang juga menyeret dirinya. Jae-in akan mulai bekerja sebagai Presiden Korsel pada hari ini.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...