Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh memanggil enam orang yang diduga terlibat korupsi proyek pembangunan jaringan air bersih di Pulo Breuh tahun 2017. Proyek tersebut berada di bawah Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS). Nama yang dipanggil secara terpisah itu ungkap Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Aceh Munawal, masing- masing Yudi Saputra ST, PPK tahun 2018.

Polresta Banda Aceh Kerahkan 300 Personel Pengamanan Malam Lebaran

ISTIMEWAIlustrasi, Polresta Banda Aceh dalam mengamankan malam lebaran Idul Fitri 1441 H akan mengerahkan 300 personel, selain dari TNI dan Instansi terkait.
A A A

BANDA ACEH - Polresta Banda Aceh dalam mengamankan malam lebaran Idul Fitri 1441 H akan mengerahkan 300 personel, selain dari TNI dan Instansi terkait.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto SH di Polresta Banda Aceh, Jumat (22/5/2020).

Menurut Kapolresta, tahun ini Polresta Banda Aceh akan mengerahkan 300 personel, belum termasuk yang dari Kodim 0101/BS dan Satpol PP Kota Banda Aceh.

"Selain kami plotkan untuk menjaga pelaksanaan malam hari raya Idul Fitri 1441 H, besoknya personel juga diarahkan memantau keamanan di permukiman warga selama ditinggalkan kosong pemiliknya saat melaksanakan shalat Ied," kata Kombes Trisno.

Ia pun mengatakan pihaknya tetap meminta masyarakat untuk tetap patut dan taat mengikuti instruksi pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19.

Instruksi pemerintah dimaksud, agar melaksanakan shalat Ied di rumah serta tidak mudik dan selalu menjaga jarak (physical distancing) dimana sebagai pencegahan dari penyebaran dari Covid - 19.

Terkait masyarakat yang tetap ingin melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid, lanjut Kapolresta, pihaknya mengimbau kepada pengurus masjid di Kota Banda Aceh untuk tetap menjaga jarak di dalam shaf shalat dan setiap jamaah diimbau untuk mengenakan masker.

"Pagi Minggu kami bersama Dandim 0101/BS pukul 06.00 WIB, akan standby dan melaksanakan apel di masjid dan selanjutnya melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Raya Baiturrahman sebelum para jamaah memasuki Masjid untuk melaksanakan ibadah," sebutnya.

Lalu, sebutnya untuk personel Polresta dan Kodim 0101/BS akan disiagakan di pintu gerbang masuk ke Masjid Raya Baiturrahan serta akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap jamaah yang hendak mengikuti shalat Ied berjamaah.

"Setiap jamaah diimbau untuk mengenakan masker. Kalau memang tidak ada masker akan diberi masker," tuturnya.

Harapan Kapolresta Banda Aceh, kalau ada jamaah yang kurang sehat, sebaiknya melaksanakan ibadah di rumah.

Kemudian, nanti di dalam pemeriksaan ada suhu badan dari jamaah yang mencapai 38 derajat celcius akan didata dan diminta untuk pulang.

"Tolong ikuti instruksi pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19. Kami juga akan mengimbau setiap warga yang tidak mengindahkan instruksi pemerintah. Karena, apa yang kita lakukan ini untuk kepentingan orang banyak dan kepentingan bersama," terang Kapolresta Kombes Pol Trisno Riyanto SH.

Terkait rumah yang akan ditinggalkan kosong oleh pemiliknya akan dipantau oleh personel patroli kota dan petugas dari satuan lainnya.

Pihaknya juga meminta setiap jamaah untuk selalu siaga, sebelum meninggalkan rumahnya. Pastikan setiap barang elektronik yang berhubungan dengan arus listrik agar ditarik. Hal dimaksud untuk menghindari terjadi kebakaran di permukiman saat warga tengah melaksanakan shalat.

"Selama ini personel kita memang rutin melaksanakan patroli. Tapi, kali ini berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri akan kita tingkatkan lagi," sebut Kapolresta.

Ia pun mengharapkan kembali kerja sama dan partisipasi semua pihak, terkait dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dari pemerintah serta menjaga lingkungan tetap aman, nyaman, damai dan tentram.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...