Pilkada 2017

Polda Aceh Petakan Daerah Rawan

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah Aceh menyatakan sudah memetakan daerah rawan gangguan keamanan pada pilkada serentak di provinsi itu.

"Kami sudah memetakan wilayah rawan dan relatif aman. Pemetaan ini untuk memudahkan pola pengamanan di lapangan," kata Irwasda Polda Aceh Kombes Pol Darmawan di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Kombes Pol Darmawan pada rapat kerja dengan Komisi I DPR Aceh. Rapat kerja tersebut dipimpin Ketua Komisi I DPR Aceh Abdullah Saleh.

Darmawan menyebutkan, pemetaan itu meliputi dua daerah rawan dan satu relatif aman. Pengamanan masing-masing kategori daerah rawan tersebut berbeda satu sama lain.

Wilayah rawan satu, kata dia, meliputi Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Bener Meriah, Aceh Tengah, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Sedangkan wilayah rawan dua, mulai dari Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Selatan, Pidie, Bireuen, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Singkil.

"Untuk wilayah relatif aman meliputi Kota Sabang, Kabupaten Aceh Jaya, Simeulue, Kabupaten Gayo Lues dan Aceh Tenggara," kata Darmawan.

Menyangkut pola pengamanan di tempat pemungutan suara atau TPS, kata dia, di wilayah relatif aman dua polisi untuk empat TPS. Jadi, kebutuhan personel pengaman TPS di wilayah sebanyak 2.643 orang dengan 5.212 TPS.

Sedangkan kebutuhan pengamanan TPS di wilayah rawan satu mencapai 3.612 personel. Setiap dua personel ditugaskan mengamankan dua TP. Sedangkan jumlah TPS di wilayah rawan satu mencapai 3.612.

Sementara, untuk tempat pemungutan suara masuk kategori rawan dua sebanyak 768 TPS. Pola pengamanan terdiri dua personel untuk satu TPS. Jadi, personel pengamanan TPS rawan satu sebagai 1.536 orang.

"Polda Aceh siap mengantisipasi gejolak di masyarakat pada saat pilkada ini. Selain itu, kami juga sudah melakukan langkah-langkah persuasif guna mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan," kata Darmawan.

Pilkada Aceh digelar serentak antara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dengan pemilihan 20 bupati/wali kota dan wakil. Pilkada serentak ini digelar pada 15 Februari 2017.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...