Milad GAM ke 40,

Polda Aceh Minta Jangan Kibarkan Bintang Bulan

doc.Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan
A A A

BANDA ACEH – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menghimbau kepada masyarakat Aceh untuk tidak mengibarkan bendera bermotif bintang bulan pada peringatakan hari Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang jatuh pada 4 Desember 2016 besok.

Seperti dilansir dari tribratanewsaceh.com, menyikapi Milad GAM ke 40 Polda Aceh telah melakukan pendekatan dengan beberapa tokoh eks kombatan GAM dan Geuchik di Kabupaten Aceh Besar dan Kota Sabang.

“Telah kita lakukan pendekatan dan penggalangan, dari hasil koordinasi anggota di lapangan khususnya di Aceh Besar bahwa eks Kombatan GAM tidak menerima intruksi untuk mengibarkan bendera. Kendati demikian, kami tetap menghimbau agar bendera motif bintang bulan itu jangan dikibarkan,” kata Kapolda Aceh melalui Kombes Pol Goenawan, Jumat 2 Desember 2016.

Namun Kombes Pol Goenawan juga mengatakan pihaknya tetap melakukan pemantauan dengan cara berpatroli ke daerah. Karena menurutnya seluruh Aceh rawan pengibaran bendera bulan bintang disaat momen milad GAM.

“Kepolisian tetap terus melakukan pemantauan melalui giat patroli. Untuk di Aceh ini bisa dikatakan semuanya rawan akan terjadinya pengibaran bendera bintang bulan, apalagi Milad GAM. Himbauan kami agar masyarakat Aceh tentunya memahami aturan untuk tidak mengibarkan bendera tersebut, karena belum resmi dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Seperti diketahui, peringatan hari lahirnya Gerakan Aceh Merdeka akan jatuh pada Minggu 4 Desember 2016 besok. Tanggal tersebut sarat makna bagi mantan pejuang GAM. Karena 40 tahun yang lalu, tepat 4 Desember 1976 Teungku Hasan Muhammad Di Tiro bersama beberapa rekannya mendeklarasikan kemerdekaan Aceh dari Indonesia di gunung Halimun, pedalaman Pidie.

Sumber:mediaaceh.co
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...