Anggota DPR Aceh Tarmizi SP mengancam akan melakukan mosi tidak percaya kepada pimpinan lembaga tersebut. Mosi tidak percaya dilakukan bila usulan hak angket terhadap plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah gagal dilanjutkan.

Plt Kalak BPBD Bener Meriah Sambut Positif Saran Ombudsman

SAMSUDDINKepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dr Taqwaddin sidak ke kantor BPBD Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH – Pelaksana tugas (Plt) Kepala pelaksana BPBD Bener Meriah Safriadi menyambut positif saran yang disampaikan Ombudsman Aceh pasca melakukan sidak ke Pos Damkar Bener Meriah.

Menurut Safriadi, sidak yang dilakukan Kepala Ombudsman Aceh Dr Taqwaddin langsung ke pos Damkar hal tersebut dipandang sebagai langkah positif untuk pembenahan damkar Bener Meriah.

"Rekomendasi yang disampaikan Ombudsman Aceh secara lisan pada hari ini, kita menyikapi secara positif dan sejalan dengan semangat pembenahan yang saat ini dijalankan BPBD Bener Meriah,"ujar Sufriadi, Kamis (8/10/2020).

Namun terkait dengan peningkatan honor petugas pemadam kebakaran, saat ini sedang dalam tahap penyusunan di tim pembenahan damkar.

“Kita dapat menghitung angka yang paling wajar dan layak bagi rekan-rekan damkar. Untuk hal ini kita sangat berterimakasi atas komitmen Bapak Bupati dan DPRK Bener Meriah yang telah menyampaikan akan memprioritaskan peningkatan honor anggota damkar ini pada tahun 2021,"ungkap Safriadi.

Dikatakan mantan Camat Bener Kelipah itu, pihaknya juga mengapresiasi atas laporan masyarakat yang disampaikan kepada Ombudsman Aceh sehingga percepatan pembenahan damkar Bener Meriah dan dimasa yang akan datang masyarakat dapat terus mengawasi dan menyampaikan saran pembenahan kepada pimpin institusi damkar dan kebencanan.

“Untuk diketahui masyarakat luas, saat ini kita masih menunggu satu unit damkar lagi yang bersumber dari hibah Departmen dalam Negeri yang insya Allah akan dapat memperkuat layanan damkar kita di masa yang akan datang,"tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Ombudsman Aceh, Dr Taqwaddin kepada media ini menyebutkan, dilakukan kunjungan sidak (investigasi mendadak) untuk berkoordinasi dengan Bupati Bener Meriah, Sekda, DPRK dalam mendorong Pemkab Bener Meriah khususnya BPBD untuk mengotimalkan pelayanan pemadam kebakaran.

"Dalam sidak tersebut, kita menemukan dari delapan (8) unit armada yang tersedia di BPBD Bener Meriah saat ini sebanyak dua unit dalam keadaan rusak dan enam unit lainya kondisinya baik dengan posisi BBM full dan air untuk pemadaman pun full," ujar Taqwaddin ketika dikonfirmasi.

Kata Taqwaddin, personel pemadam kebakaran di Bener Meriah sebanyak 96 orang yang berstatus honorer dimana honornya relatif kecil. “Dari semua mereka hanya dua orang saja yang pernah ikut pelatihan dasar pemadaman kebakaran,"kata Taqwaddin.

Katanya, secara struktural, tata kelola urusan pemadaman kebakaran ditangani oleh suatu seksi di bawah Bidang Kedaruratan. Kondisi anggota pasukan mareka saat ini dalam keadaan siap siaga dengan sistem shif dinas 24 jam full dan off 48 jam.

Terhadap temuan tersebut, Ombudsman memberikan saran koreksi diantaranya, semua armada harus dalam kondisi baik, hidup jangan sampai mogok di jalan. BBM full dan air pun full, pasukan pemadam kebakaran perlu dilatih agar lebih terampil, begitupun semua anggota pasukan harus selalu dalam keadaan siap siaga.

"Selain itu, besaran honorer petugas damkar perlu dipertimbangkan untuk ditambah agar mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya yang minimal, mengingat luasnya dan sulitnya areal lokasi Bener Meriah, perlu ditambah jumlah armada,"pinta Taqwaddin.

Menurutnya, secara struktural, pengurusan pemadaman kebakaran perlu ditingkatkan minimal menjadi UPTD. Perlu dikomunikasikan nomor kontak yang mudah diingat warga masyarakat dalam melaporkan ke Unit pemadam kebakaran manakala terjadi kebakaran.

“Kami memberi apresiasi atas upaya yang sedang dilakukan. Sehingga saat kami sidak semua armada dan semua anggota pasukan dalam keadaan siaga. Padahal kami sengaja sidak menjelang Maghrib saat biasanya ASN sudah pulang ke rumah untuk kumpul bersama keluarga,“ tegasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...