Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Plt Gubernur Aceh Tinjau Ruas Jalan Proyek Multi Years Samarkilang

SAMSUDDINPelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT didampingi oleh Anggota DPRA Alaidin Abu Abbas, Kadis Sosial Provinsi Aceh Drs H Alhudri MM, Kadis PUPR Provinsi Aceh Ir Fajri MT, mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah
A A A

BENER MERIAH - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT didampingi oleh Anggota DPRA Alaidin Abu Abbas, Kadis Sosial Provinsi Aceh Drs H Alhudri MM, Kadis PUPR Provinsi Aceh Ir Fajri MT, mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah untuk meninjau langsung ruas jalan yang masuk dalam proyek multi years Tahun 2020-2022 Samarkilang Kecamatan Syiah Utama, Sabtu, ( 12/9/2020 ) sore.

Kedatangan Plt Gubernur Aceh dan rombongan tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs Haili Yoga M Si, Asisten I Drs Mukhlis, Wakapolres Kompol Maryono , Anggota DPRK Sapri Gumara dan Darussalam serta beberapa Kepala SKPK dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah.

Menurut agenda, kunjungan Plt Gubernur Aceh direncanakan tiba di Samarkilang, Syiah Utama sekira pukul 17.00 Wib, sore dengan agenda utama adalah meninjau langsung lokasi proyek multiyears jalan Samarkilang, namun rencana tersebut tidak sesuai dengan agenda semula, ini bukan tanpa alasan, karena medan atau jalan yang di lalui oleh rombongan Plt Gubernur itu curam, licin dan ada badan jalan yang longsor akibat guyuran hujan dalam beberapa hari terakhir.

Sehingga Plt Gubernur Aceh dan rombongan tiba di Samarkilang Kecamatan Syiah Utma sekira pukul 19.20 Wib dan langsung menuju Masjid Al-Mutaqqin Samar Kilang.

Plt Gubernur dan rombongan juga sempat berjalan sejauh 400 Meter dan berhenti di satu kedai sebelum melanjutkan perjalanan ke Samarkilang, sambil berbincang Plt Gubernur Aceh membuat Puisi tentang Samarkilang, yang berisikan beberapa bait.

Kedatangan Plt Gubernur dan rombogan di Syiah Utama itu disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat setempat dan memang sangat-ditunggu-tunggu.

Pertemuan antara Plt Gubernur beserta rombongan dengan masyarakat setempat berlangsung di Masjid Al- Mutaqqin.
Sekretaris Daerah Drs, Hili Yoga MSi dalam kata sambutannya menyampaikan, dalam cuaca yang kurang bersahabat dimana, habis kemarau datang Hujan, Masyarakat Samarkilang Merindukan dan sangat menantikan Bapak untuk datang di Samarkilang ini, kata Sekda Haili Yoga.

“Kami mewakili Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah sangat berterimakasih kepada Bapak Plt. Gubernur dan rombongan dapat berkenan hadir ditempat ini,”ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh Alhudri dalam kesempatan tersebut mengatakan, sangat terkejut ketika Plt Gubernur meminta kepada diriya untuk menemani atau mendampingi beliau ke Samarkilang.

“Saya Sebenarnya sangat terkejut ketika Bapak Gubernur Meminta saya untuk mendampingi ke Samarkilang , 16 Tahun yang lalu saya terakhir datang di tempat yang berbahagia ini. Samarkilang ini sangat bersejarah dan Bertuah,” Ucap Kepala Dinas Sosial yang pernah Menjadi Camat pertama dan Kemudian Menceritakan Sejarah dari Samarkilang.

Dalam pertemun itu juga, Ketua Forum Reje Kampung Kecamatan Syiah Utama Iskandar mengharapakan, mewakili masyarakat Kecamatan Syiah Utama sangat, sangat berharap kepada Plt Gubenur, jalan yang akan dibangun mulai dari ujung aspal yang ada sekarang dapat segara diteruskan ke Samarkilang yang berjarak sekitar 16 Km serta jembatan dan ditembuskan sampai ke Kabuppaten Aceh Timur.

“Kami Masyarakat Kecamatan Syiah Utama terkhusus Kampung Samarkilang sangat berharap kepada Gubernur, karena kemarin terdengar isu selentingan bahwa akan terjadi gangguan dari orang-orang yang mungkin bersebarangan dengan kita, membuat kami khawatir Jalan yang sangat kami nantikan akan terjadi gangguan,” ujarnya.

“Harapan kami Pak Plt Gubernur jangan ada dusta diantara kita kami meminta Jalan yang akan di bangun dimulai dari Ujung jalan Aspal sampai dengan Samarkilang kurang lebih sejauh 16 km dan jembatan yang insyallah akan tembus sampai ke Kabupaten Aceh Timur” Ungkap Ketua Forum Reje Kecamatan Syiah Utama Iskandar yang sekaligus meminta kepada Plt. Gubernur Aceh untuk Merahabilitasi Masjid yang ada di Samarkilang itu.

Terkait dengan harapan masyarakat Samarkilang Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT dalam sambutan dan arahannya mengatakan, tentang pekerjaan pembangunan jalan Samarkilang ini akan segera dimulai.

"Memang masih ada beda pendapat terkait hal ini mari kita cari dan kita tempuh jalur-jalur yang diizinkan oleh perundang-undangan. Insyaallah pada Awal November Pekerjaan Proyek Pembangunan Jalan ini akan dimulai dan saya mohon siapapun yang memang masih berbeda pendapat untuk membantu pembangunan jalan ini , apabila ada prosedur yang memang belum sesuai Perundang-undangan , mari kita tempuh jalur-jalur yang diizinkan perundang-undangan, Kepada Masyarakat mendoakan agar Proyek ini Lancar dan tidak terhambat,” jelas Plt. Gubernur Aceh.

Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah Plt Gubenur beserta rombongan juga meengadakan pertemuan dengan Bupati Tgk H Sarkawi di Rumah Dinas Bupati (Pendopo) Bener Meriah.

Berikut isi Puisi yang dibacakan oleh Plt Gubernur Aceh

SAMARKILANG, AKU DATANG.
Kata orang ada negeri nun jauh di sana
Orang bilang alamnya indah menawan
Banyak gumam ini negeri anugerah
Tentu hadiah dari sang Tuhan yang Maha Pencipta.

Jalan berbatu diapit hutan
Gunung di kanan di kiri jurang dalam,
Gemericik air mengiringi angin semilir
Guncang roda bak tabuhan gendang,

Jalan berlubang bak simponi menghanyutkan.
Wahai negeri aku datang
Rindu kan kujelang
Sumbang kan kuhapus hilang
Samarkilan, aku datang.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...