Plt Gubernur Aceh Inspektur Upacara HUT Satpol PP

A A A

ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menuturkan Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Wilayatul Hisbah merupakan bagian terintegrasi dari aparat keamanan lainnya. Sehingga ketiga lembaga aparatur keamanan tersebut memiliki peran penting dalam mengawal keberlangsungan demokrasi melalui pengamanan dan penertiban proses Pemilihan Umum 2019.

Penegasan tersebut disampaikan Plt Gubernur Nova kepada awak media usai menjadi inspektur upacara memperingati Hut Satpol PP ke 69, Sat Linmas ke 57 dan WH ke 16 di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa 26 Maret 2019.

Nova menjelaskan konsep pengamanan yang dilakukan oleh Satpol PP, Sat Linmas dan WH adalah berdasarkan ukuran langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Menurutnya, peran lembaga tersebut dalam menjaga keamanan Pemilu sudah sangat proaktif jauh hari sebelum hari ini. Dalam kurun waktu mendekati hari pemilihan, ia mengingatkan agar lembaga tersebut bersinergi dengan aparatur keamanan lainnya.

Selain keamanan Pemilu, Nova menegaskan Satpol PP, Sat Linmas dan WH telah berkomitmen untuk mengawal penegakkan Syariat Islam di Aceh, meskipun dilanda oleh berbagai ancaman. Dukungan masyarakat, kata dia, sangat dibutuhkan oleh Satpol PP, Sat Linmas dan WH dalam menegakkan Syariat Islam di negeri Serambi Mekkah.

“Kita belum pada tingkat kualitas personal yang ideal. Jumlah kuantitas nya juga mungkin belum ideal. Oleh karenanya, kita masih tetap mengandalkan peran rakyat sesuai dengan konsep pertahanan kemanan rakyat semesta,” ujar Nova.

Komentar

Loading...