Kombes Pol Goenawan

Pilkada Aceh Damai

FOTO | ISTIMEWAKepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan
A A A

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak di provinsi itu berlangsung damai dan bermartabat.

"Masyarakat Aceh mampu membuktikan bahwa pilkada di daerah ini berlangsung damai dan bermartabat," kata Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan di Banda Aceh.

Kombes Pol Goenawan menyatakan, hingga tahapan paling krusial pada pilkada serentak di Aceh, yakni penetapan rekapitulasi suara, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, tidak ada insiden anarkis yang terjadi.

Padahal, kepolisian didukung TNI sudah menyiapkan pengamanan maksimal. Namun, semua pihak mampu menjaga pilkada Aceh berlangsung damai, sehingga kekuatan maksimal itu tidak digunakan untuk pengamanan.

"Ini menunjukkan bukti bahwa semua pihak, baik masyarakat, pasangan calon, tim sukses, massa pendukung, maupun pihak lainnya, telah bersama-sama menjaga komitmen perdamaian Aceh dan mewujudkan pilkada damai," kata Kombes Pol Goenawan.

Menurut dia, pilkada serentak di Aceh 2017 menjadi titik awal tradisi pilkada damai di provinsi ujung barat Indonesia tersebut. Serta menjadi contoh bagi provinsi lainnya mewujudkan pilkada damai dan bermartabat.

Masyarakat Aceh, kata dia, harus bangga bahwa sebelumnya daerah ini dinyatakan paling rawan dan memiliki potensial terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban terkait pilkada.

Namun, sebut Kombes Pol Goenawan, masyarakat Aceh, pasangan calon, tim sukses, maupun massa pendukung, serta para pihak lainnya, mampu membalikkan semuanya, dari daerah paling rawan, menjadi daerah pilkada paling damai.

"Malah, daerah lain yang dinyatakan aman justru terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban terkait pilkada. Bahkan, gangguannya sudah menjurus anarkis," ungkap perwira menengah Polri tersebut.

Oleh karena itu, Kombes Pol Goenawan menyatakan, secara pribadi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Aceh maupun penyelenggara pilkada yang telah melaksanakan pesta demokrasi tersebut berlangsung damai dan bermartabat.

"Masyarakat Aceh sudah menentukan pilihannya. Artinya, masyarakat sudah memberikan mandatnya kepada calon terpilih berdasarkan hati nurani dan tanpa paksaan," kata Kombes Pol Goenawan.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...