Mitos atau Fakta?

Pijatan Bawang Merah Ampuh Redakan Demam Anak, Benar Tidak Ya?

FOTO | ISTIMEWASaat anak demam, salah satu pengobatan rumahan yang populer dilakukan para orang tua adalah memijatnya dengan bawang merah.
A A A

JAKARTA - Saat anak demam, salah satu pengobatan rumahan yang populer dilakukan para orang tua adalah memijatnya dengan bawang merah. Agar lebih nyaman, bawang merah ini kadang sebelumnya dicampur terlebih dahulu dengan minyak telon.

Menurut dr Meta Hanindita, SpA, faktanya memang benar bahwa bawang merah memiliki sifat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Oleh sebab itu, pijatan ini bisa saja membantu menurunkan suhu tubuh anak.

Namun perlu digarisbawahi bahwa bawang merah juga dapat membuat iritasi pada kulit anak, terutama pada anak yang memiliki kulit sensitif. "Selain itu, kadang bau bawang juga bisa membuat anak merasa tidak nyaman. Padahal kenyamanan anak saat demam sangatlah penting," pungkas dr Meta.

Sementara itu, dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA, mengungkapkan bahwa mencampurkan bawang merah dan minyak telon sebenarnya merupakan cara tradisional yang memang sudah dikenal di masyarakat untuk mengobati kembung. Tetapi sebenarnya menurut dr Melisa, 'ramuan' itu hanya menghangatkan saja dan bukan menyembuhkan.

dr Melisa menyarankan sebaiknya hindari mengusapkan campuran bawang merah dan minyak kayu putih atau minyak telon ke kulit bayi. "Kalau tetap mau memberikan kehangatan bagi perut bayi bisa dengan menggunakan baby oil atau dengan diusap air hangat. Itu akan lebih aman," jelas dokter spesialis anak yang praktik di RS Siloam ini.

Dikutip dari buku 'Anak Sehat: 100 Solusi dr Tiwi', dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS menyebutkan bahwa anak disebut demam jika suhu tubuhnya meningkat hingga 38 derajat Celcius. Demam sendiri merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi, ini tanda bahwa tubuh sedang berusaha memerangi virus atau bakteri yang menginfeksi anak.

"Jika anak demam namun tampak tenang-tenang saja, masih bisa makan, minum dan bahkan bermain, ia tidak perlu diberikan obat penurun panas. Berikan saja air minum yang banyak. Namun jika ia mulai gelisah dan tidak nyaman, berilah obat penurun panas seperti parasetamol sesuai dosis," pesan dr Tiwi.

dr Meta juga melanjutkan, selain dengan pijatan bawang merah, untuk menurunkan suhu tinggi anak sebaiknya dimandikan dengan air hangat. "Ini bisa dijadikan terapi thermoregulasi atau mengatur suhu agar normal lagi, hitung-hitung kompres," papar dr Meta.

Komentar

Loading...