Kelebihan Kafein dalam Tubuh Wanita

Picu Tulang Keropos dan 6 Penyakit Lain

FOTO | IstimewaIllustrasi
A A A

KAFEIN adalah sebuah zat yang paling sering ditemukan dari beberapa jenis minuman dan makanan. Ada sekira 60 jenis tanaman yang memiliki kandungan kafein.

Zat yang satu ini telah banyak memiliki manfaat bagi tubuh, tapi disamping itu jika berlebihan juga berdamppak buruk terhadap kesehatan, apalagi bagi wanita.

Sebuah studi dari Duke University mencatat wanita yang mengkonsumsi banyak kefein dapat membahayakan kesehatan. Berikut penjelasannya:

Toksisitas Kafein
Toksisitas kafein atau overdosis kafein ditandai dengan kegugupan, gelisah, insomnia, mual, cemas dan muntah. Untuk wanita yang mengalami toksisitas kafein akut yang lebih serius dapat merasakan denyut jantung cepat, palpitasi jantung, tekanan darah tinggi, pusing.

American Medical Association's Council on Scientific Affairs dan National Cancer Institute telah menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara asupan kafein dan penyakit payudara fibrocystic. Penyakit payudara fibrokistik adalah non-kanker. Ini mengarah pada pengembangan kista bulat atau ovum berisi cairan dan bekas luka yang lebih menonjol seperti jaringan fibrosa. Namun beberapa wanita telah menyatakan bahwa mengurangi asupan kafein dapat meredakan nyeri payudara.

Psikotik Pada Wanita
Mengkonsumsi terlalu banyak kafein dapat berefek samping pada psikotik atau depresi, mulai dari kebingungan ringan sampai gejala psikotik serius. Kafein dapat meningkatkan kecemasan dan mempengaruhi gangguan panik pada wanita.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...