Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Pewaris Kerajaan Aceh Gelar Upacara Pengibaran Alam Pedang

ANTARATiga pengibar menaikkan alam pedang, bendera Kerajaan Aceh Darussalam, dalam sebuah upacara di Banda Aceh, Kamis (20/8/2020).
A A A

BANDA ACEH - Keluarga besar pewaris Diraja Kerajaan Aceh Darussalam menggelar upacara pengibaran bendera alam pedang, bendera kerajaan dan pemersatu masyarakat Aceh.

Pengibaran bendera alam pedang dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah berlangsung di Istana Darul Ihsan, Istana Kerajaan Aceh Darussalam, di Banda Aceh, Kamis.

Bendera alam pedang merupakan bendera Kerajaan Aceh Darussalam yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Bendera alam pedang dengan warna merah serta bintang dan bulan sabit putih. Di bagian bawah ada pedang, yang juga warna putih.

Upacara pengibaran dipimpin pewaris dan pengemban amanat Kerajaan Aceh Darussalam Tuangku Muhammad (I) ZN Al Haj. Upacara menerapkan protokol kesehatan.

Para peserta upacara mengenakan baju kebesaran seperti baju adat Aceh. Termasuk mengenakan lencana penghargaan di dada. Peserta memakai masker serta menjaga jarak.

Tidak seperti tahun sebelumnya, upacara pengibaran bendera alam pedang tidak dihadiri utusan keluarga raja India, Sri Langka, Thailand, Malaysia, serta kerajaan nusantara.

Upacara diawali pembacaan ayat suci Al Quran dan dilanjutkan laporan komandan upacara kepada pemimpin upacara. Kemudian, tiga pengibar membawa merah putih dan bendera alam pedang berbaris menuju dua tiang bendera.

Bendera pertama yang dikabarkan adalah merah putih diiringi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjut pengibaran bendera alam pedang yang diiringi selawat Nabi Muhammad SAW yang dibawakan sekelompok orang.

Usai pengibaran, pemimpin upacara membacakan maklumat diraja Kerajaan Aceh Darussalam. Maklumat berisi bendera alam pedang merupakan simbol semangat perjuangan penyebaran dakwa Islamiah di Aceh.

Alam pedang sebagai bendera pembawa keislaman, keagamaan, dan adat istiadat, telah dengan nilai filosofis Pancasila sebagai falsafah kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekretaris Majelis Istiadat Diraja Kerajaan Aceh Darussalam Teuku Heppi mengatakan mengatakan, pengibaran bendera alam pedang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah.

"Alam pedang ini bendera adat istiadat, bendera pemersatu, dan bendera penyemangat masyarakat Aceh. Upacara pengibaran bendera alam pedang di lingkungan Majelis Istiadat Diraja Kerajaan Aceh Darussalam ini untuk ketiga kalinya sejak 2018," kata Teuku Heppi.

Sumber:ANTARA
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...