Awal Maret

Petani Mulai Garap Sawah

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

ABDYA - Para petani di Kabupaten Aceh Barat daya (Abdya) pada awal Maret 2017 mulai menggarap sawah seluas 12 ribu hektare di sembilan kecamatan, kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan setempat Muslim Hasan.

"Meskipun semua petani di sembilan kecamatan saat ini sedang sibuk panen padi rendengan, namun 'keujruen blang' (lembaga adat sawah) bersama Pemkab sudah melakukan musyawarah untuk menentukan jadwal tanam padi musim tanam gadu 2017," katanya di Blangpidie.

Ia mengatakan, musyawarah turun ke sawah tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Abdya Jupri Hassannudin beberapa waktu lalu dan telah melahirkan kesepakatan bahwa pengolahan sawah dilaksanakan awal Maret, proses tanam April sehingga panen raya padi bulan Juli 2017.

"Untuk mendukung program tanam serentak ini, Pemkab Abdya melalui Distanpan telah menyiapkan 21 unit tracktor 4 WD. 386 unit traktor tangan dan 48 unit pompa air. Jadi, semua alsintan ini dikelola oleh unit pelayanan jasa alsinta," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, untuk kebutuhan sarana produksi seperti benih padi unggul dan pupuk itu disediakan melalui anggaran dana desa masing-masing, apalagi persediaan benih berlabel diperkirakan mencukupi semua lahan petani, mengingat 480 hektare lahan penangkaran sedang mulai dipanenkan di Abdya.

"Kalau pupuk bersubsidi. Daerah kita ini mendapat alokasi berjumlah 1.884 ton jenis urea, 350 ton jenis pupuk SP36, jenis NPK sebanyak 2.000 ton dan 1.100 ton pupuk jenis organik. Jadi, pupuk-pupuk bersubsidi itu dapat ditebus petani di kios-kios sesuai harga eceran tertinggi," ujarnya.

Muslim berharap, seluruh petani di wilayahnya tepat waktu melaksanakan tahapan tanam sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan, supaya cita-cita petani tiga kali panen dalam satu tahun bisa terwujud dan hasil produksi pun lebih meningkat.

"Kalau musim tanam rendengan berikutnya, kita rencanakan pada awal September tanam, pada Desember sudah panen lagi. Jadi, rencana petani panen tiga kali dalam tahun ini mudah-mudahan tercapai," demikian Muslim Hasan.

Sumber:ANTARA
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...