Pertolongan Pertama dari Gigitan Ular Berbisa

FOTO | pixabay.comIlustrasi
A A A

ULAR merupakan hewan menggeliat yang paling ditakuti banyak orang. Terlebih tubuhnya yang elastis dapat memangsa hewan besar seperti sapi atau manusia dan bisa beracun yang terdapat pada ular dapat membunuh hanya dalam waktu beberapa menit.

Sebagian besar dari kita takut pada ular karena hal tersebut. Penting untuk menyadari jenis-jenis gigitan ular, beracun atau tidak beracun dan tindakan pertama apa yang harus dilakukan jika terkena gigitan ular. Dilansir Okezone dari Boldsky, Selasa (18/9/2018), ada beberapa gejala umum dari gigitan ular berbisa.

Beberapa tanda-tanda berikut ini yang terjadi, jika Anda terkena gigitan ular berbisa. Antara lain, kemeraan yang terjadi disekitar luka disertai bengkak, pengelihatan yang kabur, terdapat dua luka tusukan yang diakibatkan dari gigi ular, nyeri disekitar luka tersebut, mengalami kesulitan bernapas dan berkeringat, mati rasa pada bagian anggota badan, mual dan muntah. Jika Anda mengalami hal tersebut kemungkinan besar tanpa disadari Anda terkena gigitan ular berbisa. Ikuti 7 pertolongan pertama untuk mencegah terjadinya situasi yang lebih berbahaya.

1. Batasi gerakan korban. Pastikan dia tenang dan tidak terlalu panik. Karena ketika korban panik, detak jantung semakin meningkat dan membuat racun bersirkulasi lebih cepat masuk ke dalam tubuh.

2. Area yang tergigit cenderung membengkak. Jadi keluarkan benda apa pun yang mungkin diperketat seperti cincin, gelang, dll.

3. Jangan menutupi area yang digigit. Segera bersihkan luka dengan antiseptik.

4. Anda harus menghentikan penyebaran racun dari kelenjar getah bening. Caranya adalah ikat yang kuat dengan kain pada area yang terkena gigitan ular. Hal ini berfungsi untuk menjaga racun agar tidak menyebar ke jantung dan mengalir ke area tubuh lainnya.

5. Gunakan perban, bungkus dan tutupi seluruh area yang terkena gigitan ular dengan kencang. Jika daerah yang terkena gigitan adalah tangan, ikat dan bungkus dari area gigitan hingga ketiak. Jika yang terkena gigitan adalah kaki, ikat dan bungkus dari area gigitan hingga selangkangan.

6. Jangan biarkan korban makan atau minum karena metabolisme korban harus tetap rendah.

7. Jika memungkinkan, dalam 5 menit pertama gigitan, gunakan alat hisap untuk menyerap racun keluar dari bekas gigitan tersebut.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...