Enrique Sejauh Ini:

Persentase Kemenangan 76%, 8 Gelar Juara

FOTO | ISTIMEWALuis Enrique
A A A

BARCELONA - Luis Enrique akan meninggalkan Barcelona di akhir musim ini. Meski belakangan dia dikritik, tapi raihannya di Blaugrana menunjukkan dia layak diberi pujian.

Teka-teki masa depan Enrique di Barca telah terjawab. Dia akan meninggalkan klub bersamaan dengan kontraknya yang habis di akhir musim ini, tiga musim sejak menerima tawaran sebagai pelatih pada awal 2014/2015 lalu.

Belakangan Enrique dikritik, termasuk dari kalangan penggemar Barca. Dia dinilai membuat tim menjauh dari filosofi bermain umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki, dengan kini bermain lebih direct dan mengandalkan trio Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez. Kekalahan telak 0-4 dari Paris Saint Germain di leg pertama babak 16 besar Liga Champions memperbesar tekanan padanya.

Tapi apapun itu, pria 46 tahun tersebut sudah menjadikan dirinya salah satu pelatih tersukses di Barca. 2,5 musim yang dijalaninya sejauh ini, Enrique meraih delapan gelar juara dari 10 kompetisi yang bisa dimenangi.

Enrique meraih treble di musim pertamanya, diikuti gelar ganda di kompetisi domestik pada musim 2015/2016 lalu. Secara keseluruhan, dia memenangi dua titel Liga Spanyol, dua gelar Copa del Rey, satu trofi Liga Champions, dan masing-masing satu kali jadi kampiun Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Secara raihan, Enrique barangkali bisa ditempatkan di posisi ketiga daftar pelatih Barca tersukses, setelah Johann Cruyff dan Pep Guardiola.

Sejauh ini Enrique membawa Barca melalui 164 pertandingan. Dia memenangi 125 partai, berimbang 21 kali, dan kalah cuma 18 kali. Persentase kemenangannya? 76,2%.

Itu adalah persentase kemenangannya yang tertinggi sepanjang menjadi pelatih. Bersama AS Roma persentase kemenangannya cuma 40,5%, sementara dengan Celta Vigo cuma 37,5%. Sepanjang 164 pertandingan itu, Barca punya rata-rata mencetak 2,82 gol per partai dan kemasukan 0,76 per laga.

Enrique malah masih bisa menambah catatan positif di riwayat kerjanya di tiga bulan tersisa, mengingat Barca masih bertarung di tiga kompetisi. Meski di Liga Champions kans untuk lolos ke perempatfinal berat karena tertinggal 0-4 dari PSG, tapi bicara Barca maka kemungkinan membalikkan keadaan mungkin saja terjadi.

Apalagi para pemain kini juga bisa merasa lebih bersemangat untuk membalas jasa si pelatih.

"Kami punya tiga bulan menarik yang tersisa. Tiga bulan di semua kompetisi. Pada salah satunya memang kami ada di situasi sulit, tapi dengan bantuan semua orang, saya yakin kami masih punya peluang untuk membalikkannya," kata Enrique.

Sumber:sport.detik.com
Rubrik:Sport

Komentar

Loading...