Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman meresmikan News Room acehimage.com, Rabu (8/7/2020). Penandatangan prasasti tersebut berlangsung di Pendopo Wali Kota yang disaksikan oleh CEO acehimage.com AK Jailani, Pemred acehimage.com HT Anwar Ibrahim, Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman serta sejumlah pimpinan media lainnya.

Membangun Kota Banda Aceh

Perlu Sinergitas Kebijakan Antara Pusat dan Daerah

FOTO | ISTIMEWAWalikota Banda Aceh H. Aminullah Usman
A A A

BANDA ACEH - Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman meminta kepada semua pejabat pemerintah kota melakukan berbagai terobosan, ide dan menciptakan gagasan secara kreatif serta inovasitif. Tujuannya untuk dapat  memberikan keteladanan kepada seluruh pegawai guna mewujudkan birokrasi yang baik.

"Jadi selaku administrator para pejabat harus mampu membuat terobosan dan inovasi yang berorientasi ke masa hadapan untuk meningkatakan kinerja pelayanan publik," kata Aminullah, Senin, 19 Agustus 2019.

Selaku pimpinan kata Aminullah,  adalah pejabat administrator yang merupakan front liner dalam suatu institusi pemerintah. Dari perspektif tersebut, maka diperlukan kemampuan membangun relasi dan komunikasi yang baik.

"Membangun relasi maupun komunikasi tidak hanya dengan pimpinan, tapi juga dengan pemangku kepentingan, bawahan juga dengan masyarakat," ujarnya.

Begitu juga dalam membangun kota ini, pada tataran makro juga diperlukan adanya penguatan koordinasi dan sinergitas kebijakan antara pusat dan daerah.

Sinergitas itu kata Aminullah  bisa mencakup penyempurnaan tata kelola birokrasi, pemberantasan korupsi, dan percepatan peningkatan pembangunan insfrastruktur.

"Maka selaras dengan hal tersebut, tentu saja diperlukan adanya kapabilitas instansi dalam mengelola sumber daya aparatur," katanya.

Aminullah Usman mengatakan, pemerintah kota saat ini terus berupaya untuk menstimulasi, memfasilitasi serta menciptakan iklim investasi dan usaha yang kondusif bagi meningkatnya daya saing.

Peran tersebut katanya akan optimal apabila birokrasi aktif mendorong upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat. Selain itu juga birokrasi harus mampu meningkatkan pelayanan publik, dan memberikan edukasi serta  pembinaan dalam rangka meningkatkan daya saing.

Menyadari adanya tugas yang harus diselesaikan, Aminullah yang didampingi Wakilnya Zainal Arifin mengakui, bahwa perubahan sangat sulit dilakukan, tidak semudah membalik telapak tangan. Namun harus secara inten diupayakan melalui proses pembelajaran dan inovasi perubahan di berbagai sektor publik.

"Kalau ini serius di kerjakan, saya yakin  apa yang sudah kita tuangkan dalam visi misi dapat dilakukan secara bersama- sama," katanya.

Karena itu upaya transformasi  tersebut dapat dilakukan dengan inovas sehingga terwujud perubahan.

“Melalui pembinaan dan edukasi saya yakin para pemimpin dilevel administrator dapat mengawal perubahan kota Banda Aceh yang kita cintai bersama ini,” katanya.

Wartawan:HT Anwar Ibrahim
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...