Kasau:

Peristiwa Heroik 29 Juli 1947 Menjadi Motivasi dan Semangat Pengabdian

A A A

“Peristiwa heroik 29 Juli 1947 menjadi sumber motivasi dan semangat pengabdian TNI Angkatan Udara,” ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, membacakan sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, pada Upacara Peringatan Ke-70 Hari Bakti TNI Angkatan Udara di Apron Lanud Sultan Iskandar Muda, Sabtu (29/7).

Torehan tinta emas perjuangan dan pengabdian TNI Angkatan Udara, katanya, ditujukan terhadap kedudukan Belanda di Semarang, Ambara dan Salatiga sebagai operasi udara pertama kali yang dilaksanakan para kadet penerbang yaitu Kadet Penerbang Mulyono, Sutarjo Sigit dan Suharnoko Harbani. Namun, lanjutnya, keberhasilan yang diraih harus dibayar mahal dengan ditembak jatuhnya Pesawat Dakota VT-CLA di desa Ngoto dan gugurnya para pelopor serta perintis TNI Angkatan Udara yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisucipto, Komodor Muda Udara Abdulrahman Saleh dan Opsir Muda Udara I Adisumarmo.

“Semangat pengabdian, rela berkorban dan dedikasi tinggi adalah nilai luhur para perintis TNI Angkatan Udara yang bersifat kekal serta harus dikembangkan dalam diri setiap prajurit,” tegasnya seraya mengucapkan rasa hormat dan bangga akan warisan, suri tauladan yang tidak ternilai bagi generasi penerus TNI Angkatan Udara. Disampaikan juga bahwa tantangan tugas ke depan semakin berat dan kompleks yang mengharuskan agar berpikir kreatif, rasional serta sinergis dalam mencari solusi terbaik, kompak dalam melangkah dan bertindak. “Mari persembahkan pengabdian yang terbaik kepada TNI Angkatan Udara, bangsa dan Negara yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Dalam Peringatan Ke-70 Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang bertemakan “Dengan Semangat Kepahlawanan dan Patriotisme 29 Juli 1947, TNI Angkatan Udara Berbenah Diri Untuk Menjadi Lebih Profesional, Modern, Solid dan Berintegritas Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan Dan Menjaga Keutuhan NKRI”, Lanud Sultan Iskandar Muda telah melaksanakan pembersihan Monumen Pesawat Hawk 200 di Simpang Aneuk Galong, bakti sosial donor darah yang bekerja sama dengan PMI Banda Aceh dan berbagi kasih bersama Warakawuri, ziarah Makam Sersan Mayor Maimun Saleh dan ziarah TMP Peuniti di Gampoeng Ateuk, Banda Aceh.

 

Penulis:Khairol Martua
Fotografer:Khairol Martua
Kode:47
Rubrik:AcehFoto

Komentar

Loading...