KPK

Periksa Zumi Zola Sebagai Tersangka Gratifikasi

FOTO | ISTIMEWAZumi Zola
A A A

Hari ini dijadwalkan pemeriksaan terhadap ZZ (Zumi Zola) sebagai tersangka,

Febri Diansyah Jubir KPK

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan memeriksa Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi. Pemeriksaan ini menjadi pemeriksaan kedua yang bakal dijalani Zumi Zola. Sebelumnya, KPK memeriksa Zumi Zola sebagai tersangka pada Kamis (15/2) lalu.

"Hari ini dijadwalkan pemeriksaan terhadap ZZ (Zumi Zola) sebagai tersangka," kata Jubir KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (2/4).

KPK mengingatkan Zumi Zola untuk bersikap kooperatif dengan memenuhi panggilan penyidik hari ini. Dikatakan Febri, memenuhi panggilan penyidik merupakan kewajiban Zumi Zola.

"Kami ingatkan, datang memenuhi panggilan tersebut merupakan kewajiban hukum. Sikap kooperatif akan lebih membantu dalam proses hukum ini," katanya.

Diketahui, KPK menetapkan Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Jambi, Arfan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi. Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi senilai sekitar Rp 6 miliar terkait proyek-proyek di lingkungan Pemprov Jambi.

Penetapan Zumi Zola sebagai tersangka ini merupakan pengembangan kasus dugaan suap pengesahan APBD Jambi tahun 2018.

Zumi Zola diduga mengetahui adanya praktik suap yang telah menjerat Arfan, Plt Sekda Pemprov Jambi Erwan Malik, dan Asisten III Bidang Administrasi Pemprov Jambi Saipudin tersebut.

Bahkan, sebagian dari gratifikasi yang diterima Zumi Zola ini dipergunakan Arfan dan dua anak buah Zumi Zola lainnya itu untuk menyuap DPRD agar mengesahkan APBD Jambi.

Kode:47
Sumber:beritasatu.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...