Cegah Obesitas,

Perhatikan Kombinasi Makanan Lengkap dan Bergizi

FOTO | ThefinancialdietMakan sehat
A A A
Apa isi piring kita, selain sesuai dengan karakter daerah, tapi juga harus memenuhi gizi untuk cegah anak stunting dan obesitas masa depan,

MASALAH obesitas jadi satu permasalahan gizi yang belum diberantas. Salah satu pencegahannya cukup mudah yakni dengan mengisi piring makan dengan menu sehat dan rendah kalori.

Sebenarnya makan bukan untuk sekadar kenyang, tetapi Anda harus menenuhi kebutuhan nutrisinya. Bagaimanapun hal ini sangat penting untuk menjaga berat badan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, masyarakat harus memenuhi kebutuhan dasarnya yaitu makan. Sekarang harus ada pola makan yang lebih baik lagi.

"Apa isi piring kita, selain sesuai dengan karakter daerah, tapi juga harus memenuhi gizi untuk cegah anak stunting dan obesitas masa depan," ujarnya saat membuka Eat Asia Pacific Food Forum di Shangrila Hotel, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Kalla menambahkan, masyarakat hendaknya mengetahui apa itu program Piring Makanku yang sedang digalakkan pemerintah. Saat makan, sebaiknya diisi dengan asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral seimbang. Setiap makan harus ada lauk sumber protein, sayur-sayuran dan buah-buahan dengan porsi seimbang.

Bila tidak, masyarakat bisa mengalami berbagai ancaman penyakit serius. Karena itu, setiap orang diminta untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan baik.

Belum lagi, menurut Kalla, masalah pangan jadi salah satu hal yang kompleks dalam jangka panjang. Ada revolusi biru dan hijau untuk memenuhi semua kebutuhan pangan.

"Indonesia setiap tahun mengkonversi lahan pertanian dan lahan industrial. Agar tidak kekurangan oangan, kita butuh kembangkan teknologi pangan yang baik," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) menjelaskan, bila seseorang tidak memenuhi kebutuhan pangan dengan nutrisi cukup, masyarakat akan mendapat ancaman penyakit kardiovaskular. Seharusnya, masyarakat mengubah pola hidupnya, salah satunya dengan menjaga pola makan.

"Makanan dan pola makan yang tidak sehat jadi faktor risiko pencetus utama penyakit serius," beber Menkes Nila.

Kian lama, pemerintah mencatat terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kenaikan jumlah penderita penyakit degeneratif. Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat karena kurangnya perhatian akan hidup sehat.

"Saya betul-betul minta kepada masyarakat, jaga pola makan dengan baik, salah satunya dengan memperhatikan isi piring makan sebelum dikonsumsi. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit katastropik," tutupnya.

Saya betul-betul minta kepada masyarakat, jaga pola makan dengan baik, salah satunya dengan memperhatikan isi piring makan sebelum dikonsumsi. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit katastropik,
Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...