Paripurna 3 Dan 4 Masa Persidangan I Tahun 2018

Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi

FOTO | ISTIMEWA.
A A A

ACEH - Rapat Paripurna 3 Masa Persidangan I Tahun 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dengan acara Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRA dibuka Oleh Pimpinan DPRA, T Irwan Djohan ST dan Drs H Sulaiman Abda MSi dan dihadiri Plt. Gubernur Aceh yang diwakilkan Sekretaris Daerah Aceh dan Unsur Forkopimda lainnya serta para Anggota DPRA pada hari Selasa, 13 November 2018 pukul 14.00 WIB (dijadwalkan kembali menjadi pukul 16.41 wib) di Gedung Utama DPRA.

Sesuai dengan Tertib Acara Kegiatan Rapat Paripurna pada hari ini (13/11) adalah mendengarkan Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRA Terhadap Rancangan Qanun Aceh Tentang Himne Aceh dan Rancangan Qanun Aceh Tentang Perubahan Ketiga Atas Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Tatacara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Minyak Dan Gas Bumi Dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus.

Dalam pembukaan Paripurna 3 Pimpinan DPRA, T Irwan Djohan ST menyampaikan bahwa “Terhadap ke-2 (dua) rancangan qanun usul inisiatif tersebut sudah mendapat masukan dan pendapat dari saudara Plt Gubernur Aceh. Kami yakin dan percaya masih banyak masukan saran dan pendapat untuk kesempurnaan ke 2 (dua) Rancangan Qanun dimaksud. Oleh karena itu, pada hari ini Fraksi-Fraksi DPRA akan menyampaikan pendapat akhirnya sehingga sebelum akhirnya akan diambil kesimpulan.”

Pilih nama Untuk mengetahui Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi yang akan disampaikan oleh Juru Bicara masing-masing;
Fraksi Golkar : Said Dahlawi
Fraksi PA. : Iskandar Usman Alfarlaky
Fraksi Nasdem : Yunardi Natsir MM
Fraksi Demokrat : Tgk. Jemarin, S.Pd.I, M.Pd
Fraksi PAN : Sulaiman Ali
Fraksi PPP : Zaini Bakri

Setelah seluruh Juru Bicara masing-masing Fraksi Dewan menyampaikan Pendapat. Selanjutnya sesuai dengan mekanisme Pembahasan Rancangan Qanun, untuk mengambil suatu Keputusan/Persetujuan dalam Rapat Paripurna ini, maka terlebih dahulu harus dibawa ke dalam Rapat Badan Musyawarah DPR Aceh.

Keputusan Dewan terhadap 2 (dua) Rancangan Qanun Aceh tersebut telah tercapai dalam Rapat Badan Musyawarah DPR Aceh. Dan Keputusan Dewan ini dibacakan oleh Plt Sekretaris Dewan Suhaimi SH MH dalam kelanjutan Rapat Paripurna 3.

Setelah keputusan Dewan ini dibacakan, seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh menyetujui dua Rancangan Qanun Aceh yang di Agendakan dalam Masa Persidangan I DPRA Tahun 2018. Dengan tercapainya persetujuan tersbut maka berakhir pula Rapat Paripurna 3 DPRA.

Selanjutnya sesuai dengan Agenda Masa Persidangan I DPRA. Pimpinan DPRA Drs. H. Sulaiman Abda, M.Si kembali membuka Rapat Paripurna IV dengan acara Penutupan Masa persidangan I DPRA Tahun 2018 pada hari Rabu 14 November 2018 pukul 00.53 - 01.08 WIB bertempat di Gedung Utama DPRA.

Pada Masa Persidangan I ini, telah disetujui bersama antara plt. Gubernur Aceh dan DPRA terhadap 2 (dua) Rancangan Qanun Aceh, menjadi Qanun Aceh, yakni;
1. Rancangan Qanun Aceh Tentang Tentang Himne Aceh.
2. Rancangan Qanun Aceh Tentang Perubahan Ketiga Atas Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Tatacara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Minyak Dan Gas Bumi Dan Penggunaan Dana Otonomi Khusus.

Qanun Aceh tersebut untuk selanjutnya akan ditetapkan oleh plt. Gubernur Aceh dan diUndangkan oleh Sekretaris Daerah Aceh dalam Lembaran Aceh setelah sebelumnya mendapatkan Nomor Register dari Direktur Produk Hukum Daerah Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

ADV

Kode:Advertorial
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...