Sebanyak 20 orang warga di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh reaktif COVID-19 berdasarkan hasil tes cepat yang dilakukan Tim Satgas Gugus Penanggulangan COVID-19 kabupaten setempat. "Dari lebih kurang 100 orang yang dilakukan rapid tes, saat ini yang positif rapid test di Nagan Raya sebanyak 20 orang," kata Koordinator Dokter Satgas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Dr Edi Hidayat SPPD.

Pentingnya Membangun Moral Generasi Aceh Zaman Now

FOTO | ISTIMEWAIr. H. Nova Iriansyah, MT | Plt Gubernur Aceh
A A A

para generasi Aceh Zaman Now harus memiliki etika yang baik agar bangsa Aceh lebih berwibawa dan dihargai, karena bagaimanapun merekalah yang akan membawa nanggroe Aceh untuk meraih kemajuan ke masa hadapan

Drs. HT. Anwar Ibrahim Pemimpin Redaksi

SALAH satu elemen penting dalam membangun daerah ini adalah para generasi muda, mareka perlu atensi, pembinaan dan seluruh energi kita harus menjadi hal utama dan intens, karena merekalah yang akan meneruskan cita-cita pendahulu bangsa Aceh ini menjadi lebih baik, berwibawa dan jadi kebanggaan daerah ini dimasa hadapan.

Urgensitas yang perlu dilakukan pemerintah Aceh dibawah Plt Gubernur Ir H Nova Iriansyah MT tidak hanya semata-mata membangun bangunan fisik seperti, gedung-gedung, prasarana jalan, irigasi ataupun pabrik-pabrik yang kita rasakan sangat berhasil saat ini, akan tetapi fisik saja tidaklah cukup, membangun kehidupan moral dan etika generasi Aceh zaman now jauh penting.

Kalau tidak bagaimana bangsa Aceh akan maju, bagaimana rakyat Aceh ini akan berkembang ataupun menjadi orang Aceh yang dihargai oleh masyarakat Indonesia lainnya.

Kita berharap Aceh menjadi daerah yang berwibawa, namun bila moral dan etika generasi muda sendiri jelek atau luntur dari nilai-nilai agama dan etika, maka rakyat Aceh yang peradabannya sudah terkenal sejak ratusan tahun silam akan hancur.

Yang kita sayangkan adalah para generasi muda kita masih banyak yang tak sadar akan perilaku yang menyimpang dari syariat islam dan norma-norma bangsa Aceh, bahkan bertolak belakang dengan kebaikan.

Padahal mereka adalah harapan dan tumpuan negeri ini. Tak sedikit pemuda (i) yang melanggar aturan agama dan negara seperti halnya memakai narkoba, judi, minuman keras berkelahi, berbuat moral dan bahkan saling menyakiti antara satu dengan yang lainnya.

Sungguh memprihatinkan sekali generasi muda kita yang seharusnya mereka berlomba-lomba melakukan hal yang baik dan bersatu padu membangun daerah ini. Tetapi yang terjadi malah mareka ikut berperan menambah masalah baru bagi daerah. Sungguh ini akan menjadi PR besar bagi kita dan pemerintah daerah dalam mengatasi krisis moral dan etika generasi penerusi.

Etika sangat penting terlebih tanpa etika manusia akan menjadi bar-bar. Oleh karena itu dengan etika kita bisa dihargai dan dihormati oleh orang lain.

Orang yang tidak memiliki etika dan moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata orang lain.
Sejatinya moral atau watak kesusillaan hal mutlak yang harus di miliki oleh kita. Karena tanpa moral kita tidak bisa melakukan proses sosialisasi.

Jadi moral merupakan nilai ke-absolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh.

Terlebih lagi para generasi Aceh Zaman Now harus memiliki etika yang baik agar bangsa Aceh lebih berwibawa dan dihargai, karena bagaimanapun merekalah yang akan membawa nanggroe Aceh untuk meraih kemajuan ke masa hadapan.

Perlu dipahami etika adalah tata cara dan adat kebiasaan yang melekat dalam kodrat manusia (inherent in human nature) yang berati "baik buruk" suatu prilaku, tingkah laku atau perbuatan.

Artinya etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang kepada orang lain.

Nah, dengan etika kita akan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan, tentu sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran kita.

Nah, disinilah dibutuhkan keseriusan dan peran pemerintah untuk membina generasi muda Aceh melalui pendidikan dengan berpegang pada tali syariah.

Semoga dengan kepemimpinan Plt Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT yang terkenal santun, kita berharap dia tidak hanya membangun fisik infrstruktur, tapi lebih dsri itu yakni membangun etika dan moral generasi Aceh zaman now agar mareka jauh dari hal-hal yang merusak hidup dan kehidupan mareka.

Komentar

Loading...