Benteng Belgica,

Pentagon-nya Indonesia

FOTO | ISTIMEWABenteng Belgica
A A A

AMBON - Tidak lengkap rasanya bila ke Banda Neira tidak berkunjung ke Benteng Belgica. Benteng yang masih berdiri kokoh ini dijuluki The Pentagon of Indonesia.

Tahu kan Gedung Militer Amerika, The Pentagon? Indonesia juga punya lho, tepatnya berada di Banda Neira, Maluku Tengah. Dalam website Banda Neira, mereka mengungkapkan bahwa benteng ini pernah dijuluki The Pentagon of Indonesia. Tapi bukan berfungsi sebagai gedung militer, ini benteng peninggalan VOC yang bernama Benteng Belgica.

Dikunjungi detikTravel bersama Komunitas, benteng ini masih berdiri kokoh dan ramai dikunjungi wisatawan. Benteng ini memiliki keunikan, jika kita dilihat dari luar benteng ini mempunyai empat sisi. Namun bila dilihat dari ketinggian benteng ini memiliki lima sisi.

Benteng Belgica dibangun pada tahun 1611 oleh Gubernur Jendral Pieter Both. Benteng ini terdiri dari bangunan dasar, bangunan penyanggan, dan menara. Benteng ini juga memiliki 10 ruangan yang berukuran sekitar 8,5 x 5,5 meter dan 6,5 x 3 meter dengan pintu mengarah ke arah depan. Benteng ini dibangun untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala VOC.

Bila traveler berkunjung ke benteng, traveler akan melihat bangunan hitam yang sangat luas yang memiliki 5 menara yang berada di sudut-sudut bangunan. Di pintu masuk traveler akan dibuat bingung karena pintunya berliku-liku dan bentuknya semuanya hampir serupa. Traveler bisa naik ke atas benteng dengan melewati tangga yang berada di sudut-sudut benteng. Bila ingin naik lebih atas atau ingin ke menara, kamu harus menaiki tangga besi yang kecil. Tangga ini hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja.

Dulunya, benteng ini adalah benteng terbaik yang berhasil di bangun VOC di Banda. Benteng ini menampung 400 tentara yang menangani 58 persenjataan termasuk meriam. Serta benteng ini memiliki pertahanan ganda, yang terdiri atas bangunan segi lima yang dilengkapi menara yang berbentuk bulat dan lima menara yang runcing. Sisa-sisa kehebatan benteng ini dapat traveler lihat dari benteng yang masih kokoh dan terdapat beberapa meriam yang menghadap ke arah laut.

Di tengah-tengah ruangan tengah benteng terdapat lubang seperti sumur. Ini adalah jalur terowongan yang menghubungkan Benteng Belgica dengan Benteng Nassau. Jalur terowongan sepanjang 126 meter ini juga menghubungkan benteng ke tepi pantai.

Karena benteng ini berada di 30 meter di atas permukaan laut, tentu saja benteng ini menjadi bangunan tertinggi di Banda Neira. Dari atas benteng, traveler bisa melihat segala penjuru pulau. Serta dari atas benteng traveler juga bisa melihat sunset yang indah yang terbenam dari balik Gunung Api Banda.

Bangunan benteng memiliki luas sekitar 5.720 meter dan dikelilingi oleh taman hijau nan cantik. Setiap sore benteng selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu hanya untuk berfoto-foto maupun menghabiskan waktu bersantai sembari menunggu sunset.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...