Usia kepemimpinan Mawardi-Waled Husaini memimpin Kabupaten Aceh Besar genap tiga tahun sejak dilantik pada 10 Juli 2017 lalu. Namun hingga kurun waktu itu pasangan putih menahkodai dinilai masih belum bisa membawa daerah tersebut ke arah yang lebih cerah. Bahkan sempat muncul isu ketidakharmonisasi antara Bupati Ir Mawardi Ali dengan Wakil Bupati Waled Husaini, kemudian publik kembali bertanya-tanya di hari ulang tahun kepemimpinan mereka.

Penggunaan Dana Desa Harus Mengacu Aturan Hukum

FOTO | HT Anwar Ibrahim.
A A A

ACEH BESAR - Besarnya kucuran Dana Desa dan ADD yang bersumber dari APBN dan APBD harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat desa dan dilakukan dengan transparan (terbuka) dan akuntable bertanggung jawab.

Tentunya dana yang disalurkan pemerintah ke desa Baet , Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar  tahun 2019  harus dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Diingatkan penggunaan uang pembangunan desa harus mengacu kepada aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Pemerintah daerah dan pusat telah menggelontorkan dana hampir Rp1 miliar kepada desa Baet. Tentunya ini dana ini harus dimanfaatkan untuk pembangunan desa," kata  salah seorang warga desa Baet, Kamis (15/08).

Dia menyarankan, pembangunan yang direncanakan harus mengutamakan kepentingan masyarakat, jangan kepentingan pribadi.

"Nah ini penting dicamkan dengan baik oleh Keuchik terpilih selaku kepala pemerintahan desa sehingga pembangunan di desa bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat,"  katanya.

Menurutnya, banyak warga meminta kepada semua unsur pimpinan Gampong Baet dapat mengawasi bebagai kegiatan yang akan dilakukan oleh Keuchik selaku kepala desa.

Selain itu, harapan masyarakat agar Camat juga memberikan bimbingan kepada kepala desa atau Keuchik supaya penggunaan dan pengelolaan keuangan desa tepat sasaran.

Bahkan menurutnya, seluruh elemen masyarakat, baik aparat penegak hukum dapat mengawasi penggunaan Dana Desa dan ADD yang dikucurkan pemerintah kepada desa, agar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukan.

"Karena dana desa itu milik rakyat dan harus dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sementara Burhan Hamid mengatakan, memang dana desa tersebut digunakan untuk  membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakanya.

Gampong Baet ada sebanyak 5 (lima) dusun yaitu dusun Ujung Blang, dusun Teungku Chik, dusun Teungku Di Chantik dan  dusun Krueng Cut serta dusun Panyong, kelima-limanya harus diperhatikan secara adil, tidak poleh pilih kasih.

Dusun-dusun tersebut juga harus menjadi penerima hasil pembangunan yang anggarannya bersumber bantuan ADD dan DD.

"Kita harapkan dalam pemanfaatan dana desa Baet harus mengacu pada aturan perundang undangan yang berlaku. Perlu partisipasi peran serta masyarakat untuk bersama sama mengawasi penggunaan DD dan ADD di daerah ini," sebut Burhan Hamid.

Wartawan:HT Anwar Ibrahim
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...