Hari Ketujuh Gempa Pidie Jaya

Pencarian Korban Gempa Aceh Dihentikan

KOMPAS.com | GARRY ANDREW LOTULUNGSituasi rumah yang runtuh akibat gempa di Desa Kuta Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya. Desa Kuta Pangwa adalah desa yang mengalami kerusakan terparah dan menyebabkan puluhan rumah warga hancur dan memakan korban tewas sebanyak 15 orang.
A A A

PIDIE JAYA - Basarnas secara resmi menghentikan operasi pencarian korban gempa Aceh di Pidie Jaya, Kabupaten Bireuen.

"Pencarian dihentikan sejak kemarin. Sekarang fokusnya pembersihan puing-puing bangunan," kata Kepala Seksi Search and Rescue (SAR) Basarnas Aceh, Ibnu Haris Alhusain, Selasa (13/12/2016).

Ibnu menyebutkan, saat ini pihaknya melakukan operasi siaga kedaruratan dengan fokus membersihkan puing-puing reruntuhan gedung.

Khusus SAR beroperasi di lokasi Meureudu, Trieng Gadeng, dan Ulee Glee Pidie Jaya.

"Sembari membersihkan reruntuhan bangunan jika ditemukan korban tentu akan kita evakuasi. Namun fokusnya adalah pembersihan gedung," ujarnya.

Dia mengatakan, kesulitan pembersihan gedung adalah tim terpaksa memotong besi bangunan agar memudahkan eskavator bekerja.

"Kendala lain tidak ada. Sampai saat ini target kita bisa bersih pada 20 Desember mendatang," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya gempa pada 7 Desember 2016 lalu magnitudo 6,5 menghancurkan ratusan bangunan, menewaskan 102 orang dan puluhan ribu pengungsi.

Sumber:kompas.com
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...