DPR Aceh semakin gerah melihat kinerja Sekda Aceh dr Taqwallah yang dinilai semakin kacau. Dimana Sekda yang juga Ketua TAPA selama ini tidak mampu berkomunikasi baik dengan lembaga legislatif. Pernyataan ini disampaikan oleh Anggota DPR Aceh Sulaiman SE kepada wartawan, Sabtu (26/9/2020) malam.

Pemkab Aceh Barat Berencana Beli Alat Tes Swab Mandiri

SindonewsIlustrasi, Tes Swab Covid-19
A A A

ACEH BARAT- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berencana membeli peralatan alat tes usap (swab) secara mandiri untuk menghentikan laju penyebaran pandemik COVID-19 di daerah.

“Sedang kita siapkan administrasi dan mekanisme pembelian alat tes swab ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah di Meulaboh, Ahad.

Ia menjelaskan pembelian alat tes swab tersebut untuk memudahkan tes PCR (Polimerase Chain Reaction) yang akan dilakukan kepada masyarakat di daerah.

Kata Syarifah Junaidah, hasil tes usap yang dilakukan paramedis setempat selama ini harus dikirimkan ke Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh, sehingga memakan waktu yang sangat lama berhari-hari lamanya.

Sehingga jika ada warga yang memiliki gejala COVID-19, maka harus menunggu lama untuk diketahui apakah seseorang terinfeksi virus tersebut atau pun tidak.

Dengan adanya alat tes usap secara mandiri, maka hasil seseorang terinfeksi tidaknya COVID-19, akan lebih cepat diketahui selama beberapa jam saja setelah cairan hidung atau tenggorokan diambil untuk diperiksa di laboratorium.

Syarifah Junaidah menegaskan, nantinya peralatan uji tes usap tersebut akan ditempatkan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Meulaboh berlokasi di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, ungkapnya.

Sumber:ANTARA
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...