Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan Musibah Banjir ke Aceh Selatan

MUHAMMAD THAISIRPemerintah Aceh menyerahkan bantuan kepada masyarakat Aceh Selatan
A A A

ACEH SELATAN - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan bantuan masa panik untuk masyarakat Aceh Selatan di sembilan Kecamatan yang terendam banjir.

Bantuan sandang pangan tersebut diserahkan oleh Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Aceh yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Selatan Tgk Amran yang berlangsung di halaman kantor bupati, Kamis (30/07/2020) turut hadir Kepala Dinas Sosial Aceh Selatan, Zubir Efendi.

Mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh, Kasi PSKBA Yanyan Rahmat mengatakan, sesuai dengan informasi atas bencana banjir yang melanda sejumlah kecamatan di lingkungan Aceh Selatan, atas perintah Plt Gubernur Aceh pihaknya langsung mengantarkan bantuan untuk tahab awal.

"Hari ini kami membawa bantuan berupa sandang dan pangan, nanti jika ada kekurangan akan kita tambahkan lagi sesuai dengan kebutuhan. Semoga dapat meringankan beban warga masyarakat yang terkena musibah banjir," kata Yanyan.

Sementara itu, Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh atas bantuan yang telah diantarkan langsung melalui Dinas Sosial Aceh.

Dia menilai, hal ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Aceh kepada warga Aceh Selatan yang menjadi korban bencana banjir akibat intensitas curah hujan yang lebat sejak beberapa hari terakhir.

Kendati di beberapa titik banjir sudah mulai surut, namun informasi yang diperolehnya masih ada gampong - Gampong yang belum bisa dilewati dengan kendaraan bermotor.

"Saya dapat kabar Gampong Kuta Bahagia belum bisa dilewati motor. Semoga saja warga kita yang ditimpa musibah, apalagi besok sudah memasuki Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dengan harapan diberikan ketabahan oleh Allah SWT," katanya.

Selanjutnya Tgk Amran mengatakan akan segera menyalurkan bantuan ini ke masyarakat korban banjir. "Pihak Dinas Sosial Aceh sudah sampai kemari untuk menyalurkan bantuan dan akan segera kita salurkan juga kepada masyarakat, apalagi ini dalam suasana meugang," ujarnya.

Banjir yang melanda Pemukiman warga akibat intensitas hujan lebat di Aceh Selatan diantaranya adalah Kecamatan Bakongan terdiri dari Gampong Drien, Ujung Padang, Keude Bakongan, Gampong Baro, dan Gampong Darul Isan.

Kecamatan Kluet Utara terdiri dari Gampong Krueng Kluet, Keudai Padang, Pulo Ie, Kampung Tinggi, Pulo Kambing, Simpang Lhee, dan Gunung Pulo.

Sedangkan Kecamatan Kota Bahagia terdiri dari Gampong Bukit Gadeng, Seumebok Keranji, Rambong, Ujung Gunung Rayeuk, Betong, Jambo Keupok, Ujung Gunung Cut, Ujung Tanoh, dan Gampong Alur Dua mas.

Di Kecamatan Trumon Tengah terdiri dari Gampong Teungoh, Cot Bayu, Ladang Rimba, Gunung Kapo, dan Gampong Pulo Paya.

Kecamatan Kluet Selatan, banjir yang melanda di Gampong Ujung Pasir.

Di Kecamatan Kluet Timur, banjir juga melanda Gampong Lawe Buluh Didi, Lawe Sawah, Lawe Cimanok dan Gampong Pucuk Lembang.

Selanjutnya banjir di Kecamatan Meukek, melanda Gampong Buket Meuh, Drien Jalo dan Ie Dingien.

Sementara Kecamatan Pasie Raja juga melanda Gampong Paya Teuk, Gampong Mata Ie, Gampong Panton Bili, Gampong Ladang Tuha, Gampong Ujung padang Asahan, Gampong Ie Mirah, Gampong Silolo, dan Gampong Pante Raja.

Dan juga melanda Kecamatan Bakongan Timur yang terendam di Gampong Pasie Sibadeh dengan Ujung Pulo Rayeuk.

Sementara Di Kecamatan Tapaktuan cuma yang menimpa banjir di Gampong Lhok Bengkuang saja.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...