Ketika

‘Paus Beluga’ Terbang di Langit

FOTO | ISTIMEWAPenerbangannya disaksikan oleh sekitar 10 ribu karyawannya
A A A

TOULOUSE - Traveler pecinta dunia penerbangan mungkin sudah mengenal pesawat Airbus Beluga XL yang mirip paus. Pesawat itu pun terbang untuk yang pertama kalinya.

Dilansir detikTravel dari AFP, Jumat (20/7/2018), pesawat itu pun terbang perdana dari Bandara Toulouse di Prancis tadi pagi dan disaksikan oleh sekitar 10.000 orang karyawan Airbus.

Namun, Airbus Beluga XL bukan didesain untuk membawa penumpang melainkan suku cadang pesawat. Fungsinya lebih sebagai pesawat kargo.


Diketahui, Airbus Beluga XL memiliki ekstra kapasitas sebanyak 30% dibandingkan pendahulunya. Untuk ukuran, Airbus Beluga XL lebih panjang 6 meter dan lebih lebar 1 meter.

Bahkan saking besarnya, Airbus Beluga XL dapat menampung dua pesawat jenis A350 XWB sekaligus. Beratnya pun tak main-main, yakni 125 ton. Dapat mengangkut beban seberat 53 ton dan menempuh jarak lebih dari 4.000 Km.

Pesawat Airbus Beluga XL ini pertama kali diinisiasi pada November 2014. Melihatnya terbang pun menjadi keunikan tersendiri, mengingat bentuk dan desainnya yang sangat mirip paus jenis beluga.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...