Cara Mudah Mengontrol Berat Badan,

Patut Dicoba Tanpa Menyiksa!

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

SETIAP orang yang telah berhasil menurunkan berat badan tentu tahu bagaimana sulitnya menjalani program itu. Tentunya mereka tidak ingin berat badannya kembali bertambah. Untuk itu, diperlukan berbagai cara untuk mengontrol berat badan karena mempertahankan itu jauh lebih sulit dibandingkan dengan mendapatkannya.

Dilansir dari Everyday Health, Rabu (3/8/2017), inilah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan berat badan ideal.

Membangun Otot
Olahraga merupakan salah satu upaya untuk membuat berat badan tetap ideal. Anda bisa membangun otot pada tubuh karena bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Cobalah untuk mulai berlatih angkat beban.

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat
Agar perut tidak mudah merasa lapar, Anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah. Kedua makanan ini mengandung banyak serat sehingga rasa kenyang setelah makan bisa bertahan lebih lama. Dengan begitu Anda tidak harus terlalu sering mencari cemilan untuk mengganjal rasa lapar. Selain sayur dan buah, Anda bisa juga makan biji-bijian dan protein tanpa lemak.

Hindari Godaan
Ada undangan makan-makan di malam hari? Pikirkan alasan untuk tifak menghindarinya. Bukannya sombong, menghindari pesta makan malam bisa membantu Anda untuk melawan godaan dari makanan yang menyebabkan berat badan bertambah. Memang tidak semua undangan makan malam harus Anda tolak. Anda tentunya tahu undangan mana yang benar-benar penting untuk dihadiri lebih dari sekadar makan-makan.

Menghitung Kalori
Saat Anda berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi ketika ingin menjalankan program penurunan berat badan, Anda tentunya sudah diberi tahu mengenai kalori yang seharusnya tubuh terima. Anda juga telah diberi informasi mengenai kalori setiap makanan yang dikonsumsi.

Teruskanlah menghitung berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehingga tidak perlu mengonsumsi makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Kalau perlu, rencanakan menu makanan apa saja yang harus Anda konsumsi setiap harinya sesuai kebutuhan kalori tubuh.

Batasi Porsi Makan
Setiap perut pasti memiliki porsinya masing-masing. Jangan terus memaksa mengunyah makanan hanya karena Anda ‘lapar mata’ sedangkan perut rasanya sudah penuh. Bahkan kalau bisa Anda berhenti makan sebelum perut terasa sangat kenyang.

Perhatikan Sajian Piring Sekali Makan
Untuk mengontrol berat badan, Anda harus memerhatikan pedoman gizi seimbang. Dalam pedoman itu disarankan sajian piring sekali makan diisi oleh sayuran sepertiga bagian, karbohidrat sepertiga bagian, serta sepertiga bagian lainnya adalah lauk pauk dan buah.

Jangan Lupa Sarapan
Hal ini sering dilupakan oleh banyak orang dengan alasan sedang buru-buru untuk memulai suatu aktivitas. Padahal, sarapan bisa membantu untuk mengontrol berat badan karena menghindari keinginan makan dalam jumlah banyak. Anda bisa mengonsumsi sarapan sehat seperti oatmeal, yogurt Yunani, dan buah segar.

Timbang Setiap Hari
Mereka yang sedang menjalani program diet memang tidak disarankan untuk menimbang setiap hari karena bisa mengecilkan hati. Tapi, mereka yang sedang mempertahankan berat badan ideal harus rajin menimbang berat badan setiap hari agar bisa mengontrol makanan yang dikonsumsinya.

Kurangi nonton TV
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang menonton TV kurang dari sepuluh jam setiap hari lebih berhasil mempertahankan berat badannya karena tidak merasa malas. Ganti kegiatan nonton TV dengan kegiatan lain yang membuat Anda banyak bergerak, menyikat kamar mandi misalnya.

Olahraga
Inilah yang paling berpengaruh. Berat badan ideal Anda tidak akan bertahan apabila tidak dibarengi dengan aktivitas fisik. Luangkan waktu paling tidak 45-60 menit setiap hari atau dua hari sekali untuk berolahraga. Anda bisa berolahraga sendiri atau pergi ke gym. Lari adalah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...