Pasukan Khusus AS Menghabisi Puluhan Militan ISIS di Suriah

FOTO | REUTERSPara pasukan khusus AS yang ditugaskan di Suriah. Para pasukan khusus AS dilaporkan membunuh puluhan militan ISIS dalam serangan terbaru.
A A A

RAQQA - Sejumlah pasukan khusus yang dibawa dengan empat helikopter telah beraksi di wilayah antara Deir ez-Zour dan Raqqa, Suriah. Para pasukan khusus itu telah menghabisi puluhan militan kelompok Islamic State atau ISIS.

Selain membunuh puluhan militan ISIS, misi para pasukan khusus AS itu juga untuk mengumpulkan data intelijen guna operasi lebih lanjut.

Omar Abou Leila, seorang aktivis Suriah yang menjalankan kelompok Deir Ezzor 24, mengatakan empat helikopter mendarat di Desa Kumar, yang berada di antara Deir al-Zour dan Raqqa pada hari Minggu 8 Januari. Desa itu sebelumnya sudah dikuasai ISIS.

”Ini adalah operasi yang tampaknya ditargetkan terhadap tokoh penting,” katanya kepada AP, Selasa (10/1/2017).

Pasukan khusus AS juga mendirikan pos-pos pemeriksaan. Operasi pasukan khusus AS menargetkan kendaraan diyakini membawa para militan ISIS.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan 25 militan ISIS tewas dalam serangan tersebut. Namun, pejabat Pentagon Kapten Jeff Davis menyebut angka itu ”sangat berlebihan”.

Davis melanjutkan bahwa operasi pasukan khusus AS terfokus pada kepemimpinan ISIS. Pasukan khusus yang digunakan dalam misi itu berasal dari “Expeditionary Targeting Force” yang sebelumnya telah dikerahkan di Irak.

Laporan lain dari aktivis lokal Abdul Rahman Hasson kepada The Times menyebut dua helikopter pasukan khusus tetap di udara, sementara pasukan dari pesawat ketiga menyerang sejumlah kendaraan ISIS.

”Mereka turun, membunuh beberapa pasukan Daesh (ISIS) dan menangkap beberapa orang lainnya. Kami tidak memiliki konfirmasi jumlah mereka yang tewas,” imbuh Ahmad Ramadhan, kepala kelompok aktivis Euphrates Post yang berbasis di Turki.

Sumber: sindonews.com
Rubrik: Dunia

Komentar

Loading...