Duta Besar Amerika Serikat

Pastikan Tidak Ada Pengerahan Personel Militer ke Palu

FOTO | ISTIMEWAAS mengirimkan pesawat Hercules C-130 untuk membantu penanggulangan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.
A A A

JAKARTA - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph Donovan, menegaskan pihaknya tidak memiliki rencana dan tidak ingin mengerahkan personel militer dalam skala besar ke Palu. Ia menyebut personel militer yang datang ke Indonesia hanyalah mereka yang akan mengoperasikan pesawat C-130.

Pernyataan Donovan ini merupakan respon atas pernyataan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, yang akan menolak bantuan militer asing dalam penanggulangan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Pesawat C-130 itu adalah pesawat militer dan kru-krunya itu juga merupakan personel militer, karena memang hanya personel militer yang bisa menerbangkan pesawat C-130. Pesawat itu akan tiba dan siap untuk dioperasikan dan bisa dioperasikan secara efektif selama 24 jam," jelas Donovan.

"Saya sudah mengunjungi kantor Wapres, dan saya sudah mengkomunikasikan ini ketika Indonesia menyampaikan permintaan untuk bantuan asing. Memang sudah diketahui bahwa akan ada individu-individu dari militer yang akan turut membantu penanggulangan bencana. Tapi yang saya maksudkan disini bukanlah pengerahan personel militer secara besar-besaran," sambungnya pada Jumat (5/10/2018) di Jakarta.

Ketika ditanya berapa lama pesawat C-130 itu akan beroperasi di Indonesia, Donovan menjawab, pesawat itu akan berada di Indonesia selama pemerintah membutuhkan dan menginginkanya.

Dia kemudian berharap agar semua pihak melihat kehadiran pesawat C-130 sebagai salah satu bagian dari paket bantuan yang diberikan pemerintah AS kepada Indonesia. AS, lanjut Donovan, bersedia memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada Indonesia karena Jakarta adalah salah satu mitra dekat Washington.

"Tapi kita hendaknya melihat kehadiran C-130 adalah salah satu bagian dari pendekatan pemerintah AS untuk memberikan bantuan. Namun, selain juga dari pemerintah AS, banyak juga bantuan dari sektor swasta. Kita melakukan ini semua melalui kerja sama dengan pemerintah Indonesia, dan yang perlu ditekankan adalah semua ini menunjukan apa yang dimaksudkan AS ketika kami menyatakan sebagai mitra Indonesia," tukasnya.

Kode:47
Sumber:sindonews.com
Rubrik:Dunia

Komentar

Loading...