Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Pasca Lebaran

Pasien Reaktif COVID-19 Bertambah Empat Orang di RSUCM

SAID AQIL AL MUNAWARIlustrasi
A A A

LHOKSEUMAWE - Empat Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia (RSUDCM) Kabupaten Aceh Utara hasil pemeriksaan Rapid Test, hasilnya Reaktif COVID-19 bertambah empat orang, diantaranya, satu warga Kecamatan Dewantara dan Tiga Warga Kota Lhokseumawe, Rabu (05/08/2020).

"Keempat pasien ini rujukan dari rumah sakit Aron, PIM dan Sakinah. Dan Sudah kami lakukan pengambilan Swab. Sampelnya telah kami kirim ke Banda Aceh, tinggal menunggu keluar hasilnya,"kata Kepala Tata Usaha RSUDCM, Jalaluddin M Kes.

Ia menyebutkan, sebelum dirujuk ke RSUD, empat pasien tersebut dirawat dirumah sakit Swasta dengan gejala tubuh deman tinggi. Namun setelah itu dilakukan pemeriksaan Rapid Test, ternyata hasilnya positif reaktif. Kemudian baru dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan pengambilan Swab.

"Keempat pasien positif reaktif ini bertambah setelah lebaran Idul adhar, dari rujukan beberapa rumah sakit, salah satunya warga dewantara, laki laki masih usia 14 tahun,"jelas Jalaluddin saat dihubungi lewat seluler.

Lebih rinci sebut Jalal, pasien terinfeksi Virus Corona atau Covid-19 tidak mesti timbul tanda dan gejala, karena jika dilakukan pemeriksaan, tentunya bagi yang terlihat sehat bisa saja terkonfirmasi Corona.

"Sekarang hanya yang sakit saja kita lakukan pemeriksaan untuk kita ketahui diagnosanya, tapi bagi yang sehat kan gak mau untuk diperiksa. Maka bagi yang sehat bila terkonfirmasi Positif cukup dengan lakukan isolasi mandiri saja selama 14 hari,"kata jalal.

Maka untuk itu diharapkan, kepada masyarakat yang melakukan aktivitas, agar tetap menjaga atau mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditentukan oleh pemerintah demi untuk mencegah penyebaran Virus Conona.

"Menghindari kerumunan, jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker, karena melihat di aceh angkatnya semakin meningkat,"tutur Jalal.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...