Tiga Minuman Rendah Kalori untuk Buka Puasa

Pas Banget Buat yang Sedang Diet

FOTO | ShutterstockIlustrasi
A A A

JAKARTA - Berbuka puasa memang paling enak menikmati minuman yang segar. Namun, saat Anda sedang mengurangi asupan kalori untuk menjaga atau menurunkan berat badan, hati-hati dengan aneka minuman segar berbuka puasa. Pasalnya, kebanyakan minuman buka puasa mengandung gula tambahan yang bisa menambah kalori. Tenang, Anda masih bisa menikmati aneka minuman segar berbuka puasa rendah kalori seperti berikut ini.

Aneka minuman segar berbuka puasa yang rendah kalori
Jus buah
Di antara aneka minuman segar berbuka puasa, jus buah segar menjadi pilihan paling tepat meredakan haus setelah seharian berpuasa. Anda bisa membuat berbagai jus dari sayuran, buah, atau campuran keduanya. Untuk menu berbuka, mungkin Anda lebih memilih jus buah yang rasanya lebih enak dan menyegarkan dibanding jus dari campuran sayur. Namun, supaya kandungan kalorinya tetap rendah, jangan pakai susu sapi atau susu kental manis. Anda juga bisa mengganti gula pasir yang tinggi kalori dengan madu yang lebih aman.

Buah yang Anda pilih juga harus tepat, jangan yang tinggi kalori. Ada beberapa pilihan buah rendah gula untuk jus yang ingin Anda buat, seperti:

Alpukat
Satu buah alpukat yang masih ranum hanya mengandung 1 gram gula. Selain itu, buah ini mengandung asam lemak yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan memiliki kulit sehat bersinar.

Kiwi
Buah kiwi tinggi vitamin C dan lebih kaya serat dibanding pisang. Vitamin dan mineral ini bukan hanya meredakan rasa haus Anda selama berpuasa, tapi juga membuat perut Anda kenyang lebih lama. Satu buah kiwi utuh mengandung 6 gram gula. Minum jus kiwi tidak membuat perut Anda kembung dan dapat mencegah sembelit.

Stroberi
Stroberi termasuk ke dalam buah rendah kalori. Satu gelas stroberi mengandung 7 gram gula dan 100 persen vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain menyegarkan dan tidak akan bikin timbangan naik, jus stroberi juga bisa membantu menangkal berbagai penyakit seperti flu, pilek, dan sariawan.

Semangka
Semangka memang mengandung banyak air yang bisa mencegah tubuh Anda dehidrasi selama puasa. Bukan hanya itu, buah yang kaya dengan zat besi ini juga termasuk rendah gula. Satu gelas jus semangka mengandung 10 gram gula.

Smoothies
Smoothies merupakan minuman campuran jus buah, yogurt, dan es batu. Walaupun sedang menghindari minuman tinggi kalori, Anda tetap bisa menikmati minuman ini untuk buka puasa. Syaratnya, lakukan kombinasi antara buah dan sayur yang rendah gula sehingga jumlah gula pada minuman ini tidak terlalu tinggi.

Selain itu, pilih yogurt plain atau tanpa rasa yang rendah lemak. Dengan begitu, smoothies Anda tidak akan mengandung terlalu banyak kalori dan gula tambahan. Simak beberapa macam smoothies rendah kalori untuk buka puasa berikut ini.

-Smoothies stroberi, kacang mete, kayu manis, vanili, yogurt rendah lemak, dan madu.

-Smoothies semangka, stroberi, air perasan jeruk nipis, daun mint, dan yogurt rendah lemak.

-Mojito alpukat yang dibuat dari alpukat, melon, air kelapa, air perasan jeruk nipis, daun mint, dan yogurt rendah lemak.

Sup buah dingin
Selain dibuat jus atau smoothies, buah-buahan rendah kalori bisa dicamur dan dibuat sup buah dingin. Anda bisa menggunakan buah stroberi, semangka, melon, kiwi, atau nanas dengan es batu dan air jeruk nipis. Kalau Anda membutuhkan rasa manis, gunakan madu atau sirup maple. Anda juga bisa menambahkan susu rendah lemak, susu kedelai, atau susu almond agar terasa lebih gurih dan nikmat.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...